Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbit Buku "Aku Berani Tidur Sendiri" Sampaikan Permintaan Maaf

Kompas.com - 21/02/2017, 23:19 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Perusahan percetakan PT  Tiga Serangkai di Kota Solo meminta maaf terkait polemik buku terbitannya, yang berjudul "Aku Berani Tidur Sendiri".

Pihak percetakan mengakui adanya protes dari pembaca terkait sebagian materi dalam buku bertema pendidikkan seksualias bagi anak tersebut.

Perusahaan pun  sudah menarik buku cerita anak anak berjudul "Aku Berani Tidur Sendiri" dalam Seri "Aku Belajar Mengendalikan Sendiri" karangan Fita Chakra sejak bulan Desember 2016.

"Kita khilaf dan meminta maaf dan ini menjadi pembelajaran bagi tim kami. Buku ini adalah buku bertema pengenalan seksualitas di usia dini, namun mungkin pengemasan materinya kurang pas sehingga membuat tidak nyaman saat dibaca,"kata  Adimuawan, General Manager Penerbitan Buku PT  Tiga Serangkai, Selasa (21/2/2017).

Adi menambahkan, sebagai bentuk pertanggungjawaban, perusahaan akan mengganti bagi masyarakat yang hendak mengembalikan buku tersebut dan akan menukarnya dengan nilai sepadan saat membeli buku tersebut.

"Proses pembuatan buku tersebut sebetulnya sudah dikonsultasikan dengan dokter dan psikolog. Kami minta maaf dan sebetulnya dari sisi medis hal tersebut sudah biasa namun ternyata di kalangan umum masih dianggap tabu, kebablasan lah kira-kira," katanya.

Dalam kesempatan itu, pihak perusahaan sempat menjelaskan secara utuh materi didalam buku tersebut dan menunjukan penjelasan komplit terkait pendidikan seksualitas pada usia dini tersebut.

Dalam cuplikan halaman buku yang menjadi viral di media sosial dianggap mengajakan anak untuk masturbasi. Hal tersebut menuai protes sejumlah kalangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com