Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Lombok Timur, Empat Desa Terisolasi

Kompas.com - 12/02/2017, 06:16 WIB
Karnia Septia

Penulis

LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com - Empat desa di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, terisolasi setelah jembatan penghubung antardesa putus akibat banjir, Sabtu (11/2/2017) dini hari. Empat desa itu adalah Sambelia, Sugian, Darakunci, dan Belanting.

Pantauan Kompas.com, warga terpaksa menyeberangi sungai dengan berjalan kaki menggunakan jembatan darurat dari batang pohon kelapa.

Karena kondisi tersebut, penyaluran bantuan logistik, terutama makanan dan obat-obatan, untuk masyarakat empat desa terhambat.

Kepala Unit SAR Lombok Timur Lukmanul Hakim mengatakan, banjir terparah berada di Desa Darakunci. Desa padat penduduk tersebut berada pada wilayah lebih rendah dari desa lain sehingga air bah dari Gunung Rinjani lebih lama surut di wilayah ini.

Lukman mengatakan, hingga Sabtu sore sebagian warga korban banjir mengungsi di kantor Kecamatan Sambelia maupun masjid. Adapun sisanyanya masih bertahan di rumah mereka masing-masing.

Pemda Lombok Timur beserta Pemprov NTB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tim gabungan SAR, TNI, Polri, Tagana, Satpol PP, dan tenaga kesehatan telah menyiapkan tenda darurat serta membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan logistik warga.

Petugas gabungan juga sedang membuatkan tanggul dan jembatan darurat di jembatan Sambelia.

"Mau dibuat tanggul dan jembatan darurat untuk percepatan distribusi terutama logistik dan obat-obatan," kata Lukman.

Data BPBD NTB menyebutkan, banjir mengakibatkan jembatan Sambelia putus, dua rumah hanyut, tanggul sungai kokok pendek jebol, sekolah rusak, 75 rumah rusak ringan dan akses jalan keempat desa terputus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com