Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Teras Cihampelas Habiskan Dana Rp 48,5 Miliar

Kompas.com - 08/02/2017, 09:00 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pembangunan Skywalk atau Teras Cihampelas yang berlangsung selama 100 hari menghabiskan dana sebesar Rp 48,5 miliar.

"Pembangunan Skywalk bagian dari jalur penyediaan sarana bagi pejalan kaki," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Iskandar Zulkarnaen, dalam peresmian Teras Cikapundung, Sabtu (4/2/2017).

Iskandar menjelaskan, pembangunan jalur pedestrian yang akan dan nyaman tercantum dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung. Dan Teras Cikapundung menjadi salah satu bagian untuk mewujudkannya.

"Jalur pedestrian ini upaya mendorong kebiasaan berjalan kaki," tuturnya.

Teras Cihampelas menggunakan metode rancang bangun dengan konstruksi baja. Teras ini memiliki panjang 450 meter dengan lebar rata-rata 7,6 meter, dan ketinggian 4,6 meter.

Skywalk ini terdiri dari tiga zona yakni kuliner, suvenir, toilet, mushala, dan lift. Tempat ini pun nyaman bagi penyandang disabilitas karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

"Tidak sampai di sini. Tahun 2017 ini akan ada penambahan 300 meter ke arah selatan. Nantinya terkoneksi dengan Pasupati dan Gelap Nyawang," ungkap Iskandar.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengungkapkan, skywalk yang ada sekarang baru sebagian dari Teras Cihampelas yang direncanakan karena anggarannya masih terbatas. 

Pembangunan akan dilakukan bertahap sesuai kemampuan anggaran yang ada. Nantinya jalur pedestrian ini akan terkoneksi ke jalur-jalur di Kota Bandung.

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com