Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suami Arumi Bachsin Disebut Bisa Jadi "Kuda Hitam" di Pilgub Jatim

Kompas.com - 19/01/2017, 13:12 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Selain Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, nama Bupati Trenggalek Emil Elistyanto Dardak juga disebut berpeluang kuat maju dalam pemilihan umum gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018.

Suami artis Arumi Bachsin itu disebut sebagai figur yang cocok untuk menduduki calon wakil gubernur Jawa Timur karena nama kuat calon gubernur yang beredar saat ini dianggap masih merepresentasikan kalangan Nahdatul Ulama (NU) yang masanya tersebar di kawasan Tapal Kuda dan Madura.

"Jawa Timur kan nuansanya nasionalis religius, jadi pasangan cagub dan cawagub yang ideal harus juga dari figur yang merepresentasikan kawasan Mataraman yang banyak dihuni oleh pemilih nasionalis," kata pengamat politik Universitas Airlangga (Unair), Hari Fitrianto, dalam sebuah diskusi di Surabaya, Kamis (19/1/2017).

Nama kuat cagub Jawa Timur yang juga diprediksi kuat bakal maju, menurut Hari, adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah, dan Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Hasan Aminudin.

Dari parameter politik, lanjut Hari, nama Emil tidak bisa diremehkan meskipun dia belum genap dua tahun memimpin Trenggalek.

"Sebagai pendatang baru di dunia politik, dia berhasil mengalahkan lawan politiknya yang notabene politikus senior di Trenggalek," tambahnya.

Emil juga dinilai memiliki modal popularitas yang lebih dari nama calon lain. Sebagai suami seorang artis, Emil diprediksi mampu mengumpulkan suara pemilih muda jika dia digandeng oleh salah satu calon gubernur Jawa Timur dalam pilgub tahun depan.

"Bisa jadi Pak Emil akan menjadi kuda hitam dalam bursa cawagub Jatim, tinggal bagaimana tim bisa mengelola figurnya," pungkas Hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com