Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalur-jalur Rawan Macet Menjelang Tahun Baru 2017

Kompas.com - 28/12/2016, 20:19 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri) melakukan rapat koordinasi pengaturan arus lalu lintas menjelang malam pergantian Tahun Baru 2017.

Ada tiga titik yang menjadi pusat konsentrasi dalam penanganan kemacetan, yaitu kawasan Ancol (Jakarta), Gadog (Bogor), dan Cisomang (Purwakarta).

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi mengatakan, arus lalu lintas ke Jembatan Cisomang pada malam tahun baru akan tetap dialihkan. Hal itu mengingat perbaikan Jembatan Cisomang memakan waktu sampai tiga bulan.

Agung menjelaskan, pengalihan arah bagi pengguna Jembatan Cisomang bisa memengaruhi kepadatan arus lalu lintas di Simpang Gadog, Bagor, Jawa Barat.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Ditutup Total Selama 12 Jam

Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk mencari solusi sementara penanganan arus lalu lintas pada perayaan Tahun Baru.

"Cisomang bisa berpengaruh kalau masyarakat mengubah tujuan wisatanya. Misal mau ke Bandung, karena padat, kemudian beralih ke Puncak. Bisa jadi, akan padat di sini (Bogor). Larangan truk yang melintas di Cisomang diperpanjang sampai tanggal 2 Januari 2017. Itu paling tidak bisa mengurangi kemacetan di sana," ujar Agung di Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/12/2016).

Dari hasil rapat koordinasi dengan Kepolisian Resor Bogor, lanjut Agung, diprediksi, jalur Simpang Gadog akan mulai dipadati kendaraan pada tanggal 30 Desember 2016. Penanganan pun tengah dipersiapkan di kawasan itu untuk mengurai kemacetan.

"Peningkatan volume kendaraan di Simpang Gadog justru bukan saat malam Tahun Baru, melainkan tanggal 30 Desember. Kemungkinan besar, arus lalu lintas sudah padat. Kami sudah siapkan personel serta sarana dan prasarananya," katanya.

Polri, kata Agung, sudah menerjunkan 85.600 personel jelang pergantian tahun. Namun, jumlah tersebut masih bisa bertambah sesuai kebutuhan di setiap polres.

"Untuk malam Tahun Baru akan ada tambahan sesuai kebutuhan. Polda dan Mabes juga akan membantu untuk mengatur arus lalu lintas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com