Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Magelang Selidiki Isi Kertas yang Ditemukan bersama Bom Rakitan

Kompas.com - 28/12/2016, 16:14 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Resor (Polres) Magelang AKBP Hindarsono menyatakan masih menyelidiki kertas-kertas yang ditemukan di dalam tas berisi rangkaian bom rakitan di depan Apotek Perintis Farma Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2016) kemarin.

Ia menyebut, kertas putih bertuliskan bahasa Arab itu berisi tentang ajakan jihad.

"Isinya tentang ajakan jihad, tapi kami belum bisa menyampaikan lebih jauh siapa pelakunya karena masih dalam penyelidikan," kata Hindarsono, Rabu (28/12/2016).

Baca juga: Benda Mencurigakan di Magelang Berisi Empat Rangkaian Bom Rakitan

Mantan Kasubdit Bingakkum Ditlantas Polda Metro Jaya itu mengatakan telah bekerja sama dengan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Satuan Brimob Polda Jawa Tengah dan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teros Polri dalam menyelidiki kasus terorisme ini.

"Kami telah kumpulkan bukti-bukti di lapangan, kerja sama dengan Tim Jihandak Polda Jawa Tengah dan Densus 88, jadi belum bisa ungkap. Semoga bisa segera terungkap." ujarnya.

Adapun barang bukti yang diamankan dari lokasi kejadian antara lain berupa mur, baut, kabel, paku, sangkur, serbuk baterai, tas wanita dan komponen-kompenan lainnya.

Sejauh ini, Hindarsono memastikan bahwa serpihan-serpihan yang ditemukan di lokasi penemuan itu merupakan komponen yang tidak sempurna dari sebuah bom rakitan.

"Tidak ditemukan detenatornya. Itu artinya ini sebuah ancaman atau teror," tandasnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dan segera melapor jika bertemu dengan orang tidak kenal dan gelagat mencurigakan di lingkungan sekitarnya.

Hal ini untuk memudahkan polisi mengungkap kasus terorisme maupuan tindakan kriminal lainnya.

"Segera laporkan petugas sekiranya menemukan orang-orang yang mencurigakan. Orangnya menggunakan pakaian bagaimana, model apa, pakai kendaraan nomor polisi apa, jenis apa, sehingga aparat bisa cepat mengidentifikasi dan mengungkap kasus serupa," imbaunya.

Seperti diketahui, Selasa (27/12/2016), warga menemukan tas berisi benda mencurigakan di depan apotek Perintis Farma Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Benda Mencurigakan di Magelang Berisi Empat Rangkaian Bom Rakitan

Di dalam tas berisi rangkaian berupa bahan peledak, sejumlah kabel, paralon plastik, sejumlah paku besi, baterai, switcher itu ternyata juga disertai dua selebaran bertulisan Arab.

Satu selebaran kertas berupa tulisan ajakan jihad, dan satunya lagi adalah peta atau denah kecil di suatu lokasi.

Kompas TV Polisi Ledakkan Benda Diduga Bom Rakitan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com