Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI: Tidak Ada Moratorium Penggunaan Pesawat Hercules

Kompas.com - 19/12/2016, 10:00 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan tidak akan ada muratorium penggunaan pesawat Hercules.

Hal itu menyusul jatuhnya pesawat Hercules C-130HS dengan nomor registrasi A-1334 di Wamena, Papua, pada Minggu (18/12/2016) pagi.

"Tidak ada, tidak ada (muratorium penggunaan pesawat Hercules)," katanya seusai serah terima korban kepada keluarga di Landasan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang, Senin (19/12/2016) dini hari.

Baca juga: TNI AU Pastikan Pesawat Hercules yang Jatuh di Wamena Layak Terbang

Ia menyebut, TNI AU masih sangat membutuhkan pesawat tersebut. Ke depan juga akan ada peningkatan pengadaan alutsista untuk TNI.

"Hercules ini dengan kondisi wilayah kita masih perlu banyak. Jenis pesawatnya juga ada tim tersendiri nanti. Apa yang diperlukan," katanya.

Panglima juga menyebut, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, tidak akan ada pengadaan pesawat bekas. Semua pesawat yang dibeli harus dalam kondisi baru.

Baca juga: Panglima TNI Bilang Indonesia Tidak Akan Beli Lagi Pesawat Bekas

Pesawat Hercules C-130HS dengan nomor registrasi A-1334 jatuh di Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016) pagi.

Sebanyak 13 orang yang ada di dalam pesawat itu tewas. Dua belas orang di antaranya adalah kru pesawat yang merupakan anggota tetap Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Sementara satu lagi adalah anggota TNI di Papua yang tengah menumpang.

Pesawat itu merupakan hibah dari Australia dan mulai beroperasi pada Februari 2016 lalu.

Kompas TV Sejumlah Kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com