Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wilayah Pencarian Korban Kapal Tabrakan di Tuban Diperluas

Kompas.com - 21/11/2016, 09:15 WIB

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Tim Badan SAR Nasional memperluas pencarian korban yang hilang dalam tabrakan kapal nelayan asal Juwana, Pati, Jawa Tengah, dengan kapal berbendera Vietnam di Laut Jawa wilayah Tuban, Jawa Timur.

"Pencarian korban tabrakan kapal yang belum ditemukan (12 ABK kapal nelayan Juwana) diperluas dengan radius 20 mil dari lokasi kejadian tabrakan," kata Kepala Badan SAR Nasional Jawa Timur Arifin, Senin (21/11/2016).

Pencarian dilakukan dengan memanfaatkan Kapal Negara (KN) 225 milik Basarnas. Pencarian itu melibatkan 17 personel yang berangkat dari Pelabuhan PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban, Senin pukul 06.30 WIB.

Menurut Arifin, pencarian korban juga dilakukan dengan meminta bantuan kepada nelayan yang beroperasi di sekitar lokasi kejadian.

"Nelayan yang berada di sekitar lokasi sudah kami informasikan agar segera melapor kalau menemukan mayat mengambang di laut," kata dia.

Arifin memastikan bahwa ABK kapal nelayan asal Juwana yang menjadi korban berjumlah 15 orang.

Tiga orang di antaranya sudah ditemukan tewas sehari lalu. Seorang korban ditemukan ruangan mesin, sedangkan dua korban ditemukan di dalam kamar kapal.

(Baca juga Speedboat Tabrak Kapal Kargo Vietnam, 15 Orang Hilang di Laut Jawa )

Ketiga korban itu ditemukan setelah tim pencari membalikkan kapal nelayan yang tertelungkup akibat tertabrak kapal MV Thaison 4 bendera Vietnam Gt 8216 aimo 9370587.

Sesuai ketentuan, katanya, pencarian 12 korban yang belum ditemukan dalam kejadian tabrakan kapal nelayan dengan kapal dagang Vitnam akan berjalan selama sepekan sejak kejadian, Sabtu (19/11) pukul 04.00 WIB.

"Pencarian bisa diperpanjang selama tiga hari kalau memang ada tanda-tanda kemungkinan ada korban yang mengambang," kata Arifin.

Dari keterangan yang diperoleh tiga korban dari ABK kapal nelayan Mulya Sejati asal Juwana, yang sudah ditemukan sekarang ini disimpan di Rumah Sakit (RS) Dr. R Koesma Tuban.

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur telah mengidentifikasi seorang korban atas nama Sumarto asal Pekalongan, Jawa Tengah.

"Tadi malam Tim DVI memanggil keluarga korban untuk memudahkan proses identifikasi," kata Kasubbag Humas Polres Tuban AKP Elis Suendayati.

Kecelakaan antara kapal nelayan asal Juwana dengan kapal Vietnam terjadi di tengah perairan laut Pulau Jawa pada titik koordinat 06.33.03.5/112 derajat, 09 derajat, Sabtu subuh pekan lalu.

Dalam kecelakaan itu, kapal Vietnam dengan jumlah ABK 22 orang semuanya warga Vietnam selamat. Adapun kapal nelayan Mulya Sejati asal Juwana memuat 27 orang ABK, sebanyak 12 ABK selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com