Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Punya E-KTP, 12.500 Warga Aceh Barat Terancam Tak Bisa Memilih

Kompas.com - 03/11/2016, 05:38 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Sebanyak 12.500 warga di Kabupaten Aceh Barat yang namanya sudah masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) pada Pilkada 2017 terancam tidak dapat menggunakan hak pilih karena belum memiliki KTP elektronik.

Ketua Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Barat Bahagia Idris mengatakan, berdasarkan hasil penetapan rapat pleno daftar pemilih sementara (DPS), jumlah total pemilih di Kabupaten Aceh Barat pada Pilkada 2017 mencapai 134.312 jiwa.

Namun, 12.500 jiwa di antaranya hingga saat ini belum memiliki e-KTP.

"Kita mengimbau kepada warga yang belum memiliki e-KTP untuk segera mengurus karena masih ada waktu hingga sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT), yaitu pada 6 Desember 2016," kata Bahagia, Rabu (2/10/2016).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Barat Ummi Salamah mengatakan, warga yang telah melakukan perekaman data e-KTP sudah dapat menggunakan hak pilih walau belum memiliki lembar e-KTP.

"Yang sudah melakukan perekaman E-KTP sudah dapat memilih karena mereka sudah memiliki nomor induk kependudukan (NIK)," kata Ummi.

Ia menyebutkan, ada sejumlah warga yang belum mendapatkan e-KTP karena sejak bulan lalu Disdukcapil mengalami kekosongan blanko e-KTP. "Untuk sementara sebagai pegangan ada surat keterangan sementara," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com