Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut-sebut Simpan Uang Rp 1 Triliun Milik Dimas Kanjeng, Dodi Menghilang

Kompas.com - 04/10/2016, 07:34 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Dodi Wahyudi, pria yang tinggal di Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Pasuruan, mendadak pergi dari rumahnya setelah disebut Dimas Kanjeng Taat Pribadi saat pertemuan dengan anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir di Polda Jatim, Sabtu (1/10/2016) siang.

Saat itu, Dimas Kanjeng, pemilik dan guru besar Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Dusun Sumber Cengkelek, Desa Wangkal, Kecamatan Gading, mengatakan sudah memberikan uang setoran dari pengikutnya ke Dodi.

Dodi disebut membawa uang Dimas Kanjeng sekitar Rp 1 triliun. Dia juga disebut sebagai sultan dan orang kepercayaan Dimas Kanjeng.

Seperti dilansir Surya,  rumah Dodi saat ini kondisinya sudah sepi. Tidak ada aktivitas apa pun di rumahnya. Bahkan, rumah berlantai tiga itu hanya terlihat dijaga beberapa orang.

Semua penjaga di rumah ini enggan memberikan keterangan apa pun terkait keberadaan Dodi atau keluarganya.

Menurut tetangganya, selama ini Dodi dikenal sebagai orang yang baik. DIa juga dikenal sebagai seorang dermawan. Hampir setiap bulan Dodi membagikan uang ke fakir miskin yang ada di sekitarnya.

"Orangnya memang sangat baik dengan tetangga, dermawan, dan suka menolong. Hanya saja, ia dan keluarganya sangat tertutup sekali, jarang komunikasi dengan tetangga," kata Joko, salah satu tetangganya.

Ia mengatakan, Dodi jarang mengobrol dengan tetangganya. Bahkan, kata Joko, rumahnya ini tertutup dan setiap hari dijaga oleh 10-15 orang dengan postur tubuh yang cukup besar.

"Hanya orang-orang tertentu yang bisa bertamu ke rumahnya. Terlepas dari itu, dia orang dermawan di kampung ini," terangnya.

Menurut dia, Dodi merupakan pendatang di kampung ini. Setelah menikah dengan perempuan asal kampung ini, Dodi akhirnya tinggal di sini.

Sebelumnya, Dodi tinggal bersama keluarga di Probolinggo. "Kurang lebih dia di sini itu sudah lima tahun," ungkapnya.

Kapolres Pasuruan AKBP Mohammad Aldian mengaku sudah mendengar kabar tersebut. Bahkan, pihaknya sudah ke lokasi untuk mencari informasi siapa Dodi Wahyudi itu, termasuk identitas dan latar belakangnya.

"Saya sudah minta anggota mengecek di sana, dan faktanya yang bersangkutan sudah tidak ada di rumah. Dia sudah pergi sebelum Dimas Kanjeng ditangkap," katanya.

Dia menjelaskan, Dodi ini memang pendatang di Beji karena ia menikah dengan orang Beji. Perkiraan, Dodi itu tinggal dan menetap di Beji selama dua tahun.

"Dia dikenal sedikit sombong, apalagi saat ia mendadak menjadi kaya sejak tahun 2014," paparnya.

Halaman:
Baca tentang
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com