Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diluncurkan Ulang, Bus Wisata Bandros Jadi Satu Lantai

Kompas.com - 27/09/2016, 19:49 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Lama tidak beroperasi lantaran terganjar aturan, kendaraan wisata Kota Bandung, Bandung Tour on Bus (Bandros) akan diluncurkan ulang.

Peluncuran ulang itu rencananya dilakukan bertepatan dengan puncak peringatan hari jadi Kota Bandung ke-206 pada 9 Oktober mendatang.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, desain Bandros yang baru akan berbeda. Dari sebelumnya dua lantai menjadi satu lantai.

"Jadi bandros yang di-launching kemungkinan tidak dua lantai. (Bus dua lantai) sementara kami tunda dulu sebab berdasar regulasi ternyata beratnya harus di atas 20 ton," tutur Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (27/9/2016).

"Sebenarnya ini yang sedang kami kaji apakah bisa dua lantai. Kalau bisa, apakah pakai izin khusus ke Kemenhub. Jadi untuk dua lantai opsi itu masih ada hanya mau mempertanyakan boleh enggak pakai izin khusus," tambah Emil, sapaan akrabnya.

Dia menuturkan, ada sekitar delapan unit Bandros baru yang akan diluncurkan lengkap beserta rute baru. Seluruh bus baru itu merupakan sumbangan dari pihak swasta.

"Insya Allah per awal Oktober Bandros akan berseliweran di Kota Bandung dengan desain khusus. Kenapa di-launching ulang, karena dulu rutenya masih berpindah-pindah dan sebagian pakai persuratan sementara tapi sekarang persuratannya Insya Allah sudah beres," jelasnya. 

Kompas TV Owi/Butet Akan Diarak dengan Bus Bandros
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com