Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darwin Lumbantobing Terpilih Jadi Ephorus HKBP

Kompas.com - 16/09/2016, 08:03 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com — Darwin Lumbantobing terpilih sebagai Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) periode 2016-2020 dalam Sinode Godang ke-63 HKBP yang berlangsung di Seminarium Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (15/9/2016).

Mantan Ketua Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP Pematang Siantar itu menyisihkan Robinson Butarbutar.

Darwin meraih 924 suara, sedangkan Robinson 641 suara, dan 7 suara batal.

Sebelumnya, pemilihan Ephorus HKBP diikuti lima calon, yakni Darwin Lumbantobing, Robinson Butarbutar, David Sibuea, Saut Sirait, dan Marolop Sinaga.

Pemilihan dilakukan dalam dua putaran karena pada saat pemilihan yang digelar Kamis pagi sejak pukul 11.00 WIB hingga sore sekitar 18.00 WIB, dari lima calon yang bertarung, tidak ada yang meraih suara 50 +1 dari 1.578 peserta yang berhak memberikan suara atau sekitar 790 suara.

Darwin pada putaran pertama meraih 750 suara, Robinson 442 suara, David Sibuea 387 suara, Saut Sirait 11 suara, Marolop Sinaga 1 suara, dan suara batal sebanyak 7 suara.

Dari hasil itu, Darwin dan Robinson maju ke putaran kedua pemilihan untuk menggantikan Willem TP Simarmata sebagai pemimpin tertinggi HKBP tersebut.

Dalam proses pemungutan suara putaran kedua, dimulai pukul 19.00 WIB dengan diikuti 1.578 peserta sinodestan. Pemungutan hingga penghitungan suara digelar hingga larut malam, hingga akhirnya dimenangi oleh Darwin Lumbantobing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com