Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut Kopra dan 15 Penumpang Hilang di Perairan Nias

Kompas.com - 20/08/2016, 12:24 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Sebuah kapal kayu yang bertolak dari pelabuhan Ujung Sialit, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam,  diduga hilang saat menuju Desa Moawo, Kota Gunugsitoli, Sumatera Utara, Jumat (19/08/2016).

Bobby Purba, Koordinator Pos SAR Nias, mengungkapkan kejadian itu pada Sabtu (20/08/2016).

Menurut keterangan yang diterima Pos SAR Nias, kapal kayu tersebut bertolak dari Sialit pada Jumat pukul 09.00 WIB dengan mengangkut antara lain kopra dan 15 penumpang.

"Tim akan melakukan pencarian dengan menggunakan kapal negara NAKULA, yang kebetulan tiba Jumat kemarin untuk pengamanan kunjungan kerja Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Bobby Purba, Sabtu di Gunungsitoli.

Kapal bernama Kapal Motor (KM) Jaya dengan cat hijau daun. Berat bersih kapal tersebut 10 GT dengan pemilik Okto Derita Gea. Kapal diduga hilang diperairan antara pulau Banyak dan Nias.

“Kita rencanakan pencarian dengan menyisir jalur yang biasa dilalui kapal tersebut” kata Bobby.

Tim Pos SAR Nias bergabung dengan Pos SAR Sibolga dalam melakukan pencarian. Mereka menggunakan KN Nakula, perahu karet, dan alat selam.

Menurut Bobby, tim SAR akan memfokuskan pencariannya di sekitar perairan pulau Sarang Baung, Dudung, dan kepulauan Banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com