Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajan Berdiameter 3 Meter Ditemukan di Bawah Bangunan Masjid

Kompas.com - 21/07/2016, 11:11 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Wajan berukuran raksasa kembali ditemukan. Kali ini, wajan ditemukan di bawah bangunan Masjid Al-Furqon di Kelurahan Karangasem Utara, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada awal pekan ini.

Penemuan ini menambah daftar panjang penemuan serupa. Sebelumnya, wajan raksasa ditemukan di Kutoarjo, Jawa Tengah.

Dilansir dari situs resmi Polres Batang, wajan raksasa di Batang ditemukan terpendam di dalam tanah kedalaman 1,5 meter. Wajan ditemukan berdiameter tiga meter dan mempunyai ketebalan hingga 10 sentimeter.

Wajan ditemukan oleh para pekerja sedang menggali tanah untuk keperluan renovasi masjid.

Salah satu pekerja, Siswanto mengatakan, pihaknya bekerja menggali tanah untuk membuat cakar ayam fondasi bangunan. Namun saat sampai kedalaman 1,5 meter, cangkulnya membentur besi. Dia pun terus menggali hingga mendapatkan satu wajan utuh.

“Seperti wajan penggorengan,” kata Siswanto.

Warga yang mendengar informasi itu lalu mendatangi untuk melihat secara lebih dekat. Untuk meminimalisir kerusakan, pihak kepolisian lalu memang garis polisi agar warga tak masuk ke dalam lokasi.

Temuan itu pun lalu dilaporkan ke Badan Penelitian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. BPCB pun membenarkan adanya temuan itu. Namun terkait asal-usul wajan raksasa itu masih, BPCB masih belum bisa dipastikan karena membutuhkan penelitian terlebih dulu.

“Belum ada hasilnya. Ini masih dilakukan penggalian,” kata Kepala Seksi Perlindungan Cagar Budaya BPCB Jateng, Gutomo, saat dikonfirmasi, Kamis (21/7/2016).

Temuan wajan raksasa itu membuat warga sekitar heboh.

Sebelumnya, wajan raksasa juga ditemukan terpendam di lahan milik Widodo di sebuah ruko dekat SD Nasional Indonesia di Jalan MT Haryono Kutoarjo.

Wajan ditemukan dalam kedalaman 90 sentimeter saat para pekerja hendak menggali tanah untuk renovasi rukonya. Wajan itu lalu dievakuasi disimpan di Museum Tosan Aji, Purworejo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com