Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa 3 Rumah Sakit di Ternate, Polisi Tidak Temukan Vaksin Palsu

Kompas.com - 02/07/2016, 01:09 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Maraknya penggunaan vaksi palsu di sejumlah daerah membuat penyidik dari Ditreskrimsus Polda Maluku Utara menggelar razia di sejumlah rumah sakit di Kota Ternate, Jumat (1/7/2016).

Dalam razia kemarin, ada tiga rumah sakit dan apotik di Ternate yang diperiksa, yaitu RSUD Chasan Boesoeri Ternate, Rumah Sakit Ananda, Rumah Sakit Binawarga serta apotik Setia Farma.

Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Hendri Badar menjelaskan, dari hasil pemeriksaan dugaan vaksin palsu di tiga rumah sakit dan satu apotik itu tidak ditemukan adanya vaksin palsu.

"Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan vaksin palsu karena vaksin yang ada stoknya resmi melalui Kementerian Kesehatandan penyediaan melalui tender ekatalok/PBF (Pedagang Besar Farmasi) yang distributornya APL/Kimia Farma Manado,” kata AKBD Hendri Badar.

Setelah vaksin itu berada di Ternate, selanjutnya melalui Dinas Kesehatan menyalurkannya ke rumah sakit dan puskesmas milik pemerintah/P2M (Pemberantasan Penyakit Menular).

Menurut dia, dari pihak BPOM Maluku Utara secara rutin memeriksa tempat-tempat penjualan vaksin yang ada di Kota Ternate dan mendatanya jika ditemukan adanya vaksi palsu. Hanya saja sejauh ini belum ditemukan adanya vaksin palsu di Ternate maupun Provinsi Maluku Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com