Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Stadion GBLA Siap Dipakai untuk Pembukaan PON

Kompas.com - 30/06/2016, 16:45 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberi sinyal positif mengenai kesiapan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk pelaksanaan upacara pembukaan (opening ceremony) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016.

Hal itu terungkap saat Ridwan menggelar pertemuan bersama sejumlah Pengurus Besar PON di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kamis (30/6/2016).

"Tadi rapat dengan PB PON akan menanyakan kesiapan per hari ini. Saya sampaikan GBLA sudah siap (untuk pembukaan PON)," kata pria yang kerap disapa Emil.

Dia menegaskan, secara kondisi fisik bangunan GBLA sudah aman, merujuk pada hasil uji beban yang dilakukan Puslitbang Kementrian PU beberapa waktu lalu. Secara legal formal pun, kata Emil, penggunaan Stadion GBLA sudah diserahkan kepada Pemkot Bandung.

"Secara struktur keamanan sudah dites bebas. Secara legal aman tidak perlu izin Bareskrim karena cukup pemberitahuan, sudah tidak ada lagi kewenangan urusan izin," tuturnya.

Namun, Emil tak berwenang memastikan GBLA bisa dipakai atau tidak untuk pembukaan PON yang rencananya digelar September mendatang. Menurut dia, hasil rapat tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan final dari Gubernur.

"Hasil rapat sekarang akan dirapatkan nanti malam oleh Gubernur keputusan finalnya besok. Kalau sudah (pasti GBLA diputuskan) berarti Kota Bandung bergerak melakukan perbaikan tambahan interior VIP dan sebagainya," ucap Emil.

(Baca juga: "PON Jawa Barat, Rakyat Melarat")

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com