Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bayi Dikerubuti Semut, Maulana Begadang Usir Ular di Gubuk Bekas Kandang

Kompas.com - 29/04/2016, 12:02 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Hampir setiap malam Maulana (28) begadang di dalam gubuknya. Kepala dari lima anggota keluarganya itu harus mengusir ular atau hewan lain yang masuk ke dalam gubuknya.

Di dalam gubuk bekas kandang ayam itu itu, Maulana hidup bersama istri dan keempat anaknya di Kampung Bojong, Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Kalau Maulana tidak berjaga-jaga tiap malam, keluarganya sewaktu-waktu menjadi incaran hewan-hewan di sekitar rumahnya.

"Selain bayi dikerubuti semut, saya kadang sering begadang. Suka banyak ular atau hewan liar masuk ke rumah. Takut melukai anak-anak dan istri saya," jelas Maulana kepada Kompas.com, Jumat (28/4/2016).

(Baca Tinggal di Bekas Kandang Ayam, Bayi 14 Hari Dikerubuti Semut Setiap Malam)

Maulana juga kebingungan ketika hujan turun. Ia bersama istrinya saling bantu membersihkan genangan air yang masuk ke dalam gubuk.

Anak-anaknya pun terkadang diungsikan ke rumah tetangga apabila hujannya sangat deras.

"Kalau hujan, rumah selalu bocor. Di dalam suka digenangi air," kata Maulana.

KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Istri dan anak Maulana (28), asal Kota Kota Tasikmalaya, saat ditemui di gubuk bambu bekas kandang ayam sebagai rumah mereka, Kamis (28/4/2016).
Maulana bersama keluarga sangat berharap dapat memiliki tempat tinggal yang layak. Ia pun terus mengumpulkan uang hasil jerih payahnya bekerja sebagai penarik odong-odong sisa kebutuhan sehari-hari.

"Saya juga suka ngumpul-ngumpul uang sisa membeli makan. Biasa ada sisa seribu atau dua ribu rupiah. Ingin melunasi beli tanah yang dua bata (28 meter persegi). Itu untuk buat rumah kalau ada rezekinya," kata dia.

Maulana bersama istri dan keempat anaknya terpaksa tinggal di gubuk bambu bekas kandang ayam berukuran 2x2 meter.

Sampai sekarang belum ada perhatian pemerintah setempat terkait kondisi warga Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com