Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandar Narkoba Terima Fasilitas Mewah di Lapas Lubuk Pakam

Kompas.com - 12/04/2016, 15:08 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Toni alias Togi (TG), bandar narkoba di Kota Medan yang selama ini mendekam di sel Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lubuk Pakam, menerima fasilitas mewah dari petugas lapas.

Hal itu diketahui setelah petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara bersama petugas gabungan Polres Deli Serdang sempat melakukan razia di Lapas Lubuk Pakam, Senin (11/4/2016).

"Jadi, TG (Toni alias Togi) inilah pengendalinya. TG yang memesan narkoba kepada warga Malaysia. Dan selama di Lapas Lubuk Pakam, dia mendapat fasilitas (mewah)," kata Deputi Psikotropika dan Prekusor BNN, Brigadir Jenderal Anjan Pramuka, Senin.

Dalam razia itu, Toni alias Togi diketahui tinggal di sebuah ruangan sel yang dilengkapi fasilitas air conditioner (AC). Dia juga kerap diperbolehkan menggunakan laptop di selnya.

Selain itu, dia juga akhirnya mengaku pernah menggunakan sabu di dalam lapas, meski sempat berbelit-belit saat ditanyai.

"Memang tidak tiap hari, Pak. Tapi pernah pakai (sabu) di dalam," kata Toni.

Mendengar penuturan Toni, Anjan lantas bertanya nama petugas Lapas Lubuk Pakam yang diduga terlibat memasok sabu ke dalam lapas. Toni terdiam dan menundukkan kepalanya.

Namun, dia mengaku kerap memberikan sejumlah uang kepada salah seorang sipir lapas. Pemberian uang itu dilakukan untuk perbaikan fasilitas yang ada di dalam sel.

"Itu uang kalau ada yang rusak-rusak aja saya kasih. Kalau makai (sabu), enggak tiap harilah," kata Toni mengakhiri.

Ketika diwawancarai Tribun Medan, Toni hanya menganggukkan kepala soal dugaan pemberian uang kepada petugas lapas.

"Cuma kasih (uang) kalau ada rusak-rusak aja. Cuma itu," kata Togi yang tengah menjalani hukuman 10 tahun penjara karena kasus serupa.

Sementara itu, seperti ditayangkan KompasTV, di lapas ini juga ditemukan ruang karaoke dan salon untuk para narapidana dan tahanan.

Berita ini telah tayang di Tribun Medan, Senin (11/4/2016), dengan judul: Bandar Besar Sabusabu ini Dapat Fasilitas Mewah di Lapas Lubukpakam dan Gembong Narkoba Bernama Toni Sering Pakai Sabusabu dan Beri Sipir Uang di Lapas Lubukpakam

 

Kompas TV Ditemukan Fasilitas Mewah di Lapas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com