Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Nelayan Danau Limboto yang Tak Terpengaruh Gerhana Matahari

Kompas.com - 09/03/2016, 12:18 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com– Gerhana matahari yang sedang berlangsung tak memengaruhi para nelayan Danau Limboto. Mereka tetap melakukan aktivitas mencari ikan di tengah danau tanpa peduli terhadap fenomena alam ini.

Sejak pagi mereka pergi ke tengah danau untuk mencari ikan dengan perahu tradisionalnya. Menyusuri bagian-bagian danau yang diperkirakan terdapat ikan lebih banyak.

“Saya harus menghidupi keluarga, mencari ikan setiap hari untuk dijual” kata Maliki, nelayan di ddesa Iluta, Batudaa Kabupaten Gorontalo, Rabu (9/3).

Maliki mengaku sudah mendengar adanya gerhana matahari melalui media dan pembicaraan tetangganya, namun ia tidak tertarik untuk meluangkan waktu khusus untuk melihatnya.

“Nanti juga tahu kalau sudah di tengah danau” ujar Maliki.

Baginya kepentingan utama adalah menyediakan kebutuhan utama keluarga, ia harus bekerja mencari ikan dan menjualnya kepada tengkulak. Uang penjualan ikan ini yang akan dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kalau saya tidak mencari ikan, lalu siapa yang akan membantu saya memenuhi kebutuhan hidup anak istri saya?” tanya balik Maliki.

Bersama nelayan lainnya, Maliki menyusuri danau Limboto, mengumpulkan igkan nila atau mujair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com