Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Narkoba Jenis Baru, Buwas Ingatkan Orangtua Lebih Waspada

Kompas.com - 18/11/2015, 14:58 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso meminta agar para orangtua berhati-hati adanya narkoba jenis baru yang bentuknya bervariasi, dari permen sampai stiker.

"Tercatat ada 38 narkoba jenis baru dari 350 jenis baru di dunia yang masuk ke Indonesia," ucap pria yang kerap dikenal dengan Buwas, Rabu (18/11/2015).

Narkoba jenis baru, lanjutnya, kini bentuknya bervariasi mulai dari makanan, minuman dan tisu. Sasarannya pun mulai berubah ke anak-anak.

"Banyak narkoba jenis baru yang menyasar anak-anak dengan memanfaatkan rasa ingin tahu anak. Bentuknya juga yang menarik anak-anak, seperti permen narkoba dan stiker narkoba," tegasnya.

Menurut dia, narkoba jenis baru ini datang dari berbagai dunia seperti Nigeria, Taiwan, China dan Belanda. Saat ini, pihaknya sedang meneliti beberapa produk yang diduga mengandung narkoba.

"Kita terus berusaha membendung peredaran narkoba dari luar negeri termasuk yang jenis baru," tandasnya.

Buwas berpesan agar para orangtua lebih berhati-hati dan mengawasi anak-anaknya agar tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung narkoba.

"Perlu peran aktif masyarakat juga untuk memberantas narkoba jenis baru yang masuk," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com