Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Beri Surat Rujukan, Dokter Puskesmas Dipukul Keluarga Pasien

Kompas.com - 19/08/2015, 11:54 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Peusangan, Siblah Krueng, Kecamatan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, Aceh, melaporkan tindak kekerasan pemukulan yang dilakukan Suryadi, Selasa (18/8/2015) siang.

Suryani, sang dokter, datang ke Mapolres Bireuen didampingi sejumlah dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan puskesmas tempatnya bertugas, Rabu (19/8/2015).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bireuen, dr Abri, mengatakan, Suryani sedang bertugas ketika Suryadi meminta surat rujukan untuk mertuanya yang hendak dibawa ke rumah sakit umum. Namun, Suryani memberikan penjelasan bahwa rujukan tidak bisa diberi jika pasien bersangkutan tidak datang.

”Dengan kata lain, si dokter tidak berani memberi rujukan tanpa memeriksa pasien terlebih dahulu. Kami tidak ingin terjadi malpraktik,” ungkap Abri.

Namun, jawaban Suryani membuat Suryadi berang. Suryadi tiba-tiba memukul Suryani dengan menggunakan jagung rebus yang kebetulan ada di meja sang dokter. Tak hanya melakukan pemukulan yang mengakibatkan telinga kiri Suryani memar, pelaku juga mengeluarkan kata-kata ancaman yang membuat korban tak terima.

“Kami tak ingin hal seperti ini terulang kembali. Makanya proses hukum terhadap pelaku harus dilakukan,” ungkap Abri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com