Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, 10 Warga Tewas Kedinginan di Lanny Jaya Papua

Kompas.com - 14/07/2015, 17:52 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Sebanyak 10 orang meninggal dunia akibat cuaca ekstrem atau yang sebelumnya diduga hujan es di Kabupaten Lanny Jaya. Kabupaten Lanny Jaya merupakan satu dari tiga kabupaten yang berada di Pegunungan Tengah, Papua, yang sudah melaporkan sejumlah wilayah mereka mengalami cuaca ekstrem ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, mengatakan, kemarau ekstrem di Lanny Jaya terjadi sejak awal Juli lalu dan menimpa tiga distrik, yakni Distrik Kuyawage, Gowa Balim, dan Distrik Wano Barat.

Berdasarkan laporan yang ia terima, puncak kemarau ekstrem terjadi pada 3 hingga 5 Juli lalu, ketika pada siang hari suhu sangat panas dan pada malam hari suhu mencapai titik beku. "Kemarau ekstrem ini mengakibatkan tanaman di kebun warga tertutup es, lalu mengering dan akhirnya mati," kata Christian melalui telepon selulernya, Selasa (14/7/2015).

Setelah berkoordinasi dengan petugas di tiga distrik, menurut Christian, dia mendapat laporan bahwa 10 orang penduduk meninggal dunia akibat kedinginan, kelaparan, dan terserang penyakit diare.

"Karena kesulitan akses transportasi dan komunikasi, kami baru mendapat laporan 10 orang penduduk meninggal dunia akibat kedinginan, kelaparan, dan terserang penyakit diare," ungkap Christian.

Berdasarkan rapat koordinasi tersebut, ia kemudian memerintahkan untuk mengirim bantuan menggunakan pesawat carter ke 26 kampung yang tersebar di tiga distrik tersebut. "Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya sudah mengambil langkah mengirim bantuan berupa beras, mi instan, ubi, dan selimut ke tiga distrik tersebut. Selain itu, kami juga menyertakan tenaga medis serta dokter," kata Christian.

Menurut dia, kejadian ini sudah mereka laporkan ke BPBD Provinsi Papua dan Pemerintah Provinsi Papua.

Seperti diberitakan sebelumnya, kemarau ekstrem terjadi di sejumlah wilayah di Pegunungan Tengah Papua, yang mengakibatkan suhu ekstrem pada malam hari yang bisa mencapai titik beku. Tiga kabupaten sudah melaporkan kejadian ini ke BPBD Provinsi Papua, yaitu Kabupaten Puncak, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kabupaten Nduga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com