Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Ibu di Surabaya Lahirkan Lima Bayi Sekaligus

Kompas.com - 19/06/2015, 20:27 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Seorang ibu melahirkan lima bayi sekaligus dengan cara operasi di RSU dr Soetomo, Surabaya, Jumat (19/6/2015). Kondisi kelima bayi milik pasangan Hari Saputra dan Aniyah Rahmawati tersebut sehat dan saat ini masih berada di dalam tabung inkubator. Jenis kelamin bayi tersebut empat di antaranya laki-laki dan satu perempuan.

"Beratnya beragam, dari 1.100 gram hingga 1.350 gram," kata salah satu dokter yang menangani persalinan, dr Relly Yanuari SpOG.

Tiga bayi di antaranya ditempatkan di ruang Neonatus Intensive Care Unit (NICU) Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) dan dua bayi yang kondisinya lebih stabil ditempatkan di ruang Neonatus Instalasi Rawat Darurat (IRD).

Dia mengatakan, ibu bayi melakukan program bayi tabung karena sudah lima tahun pasca-meninggalnya anak pertama, dia belum juga dikaruniai anak.

"Ibu bayi mengikuti program bayi tabung karena sudah lama tidak punya anak," ujarnya.

Kelima bayi berada di kandungan ibunya selama 32 minggu, dari waktu normal 37 minggu usia kehamilan. Langkah operasi persalinan diambil karena dikhawatirkan ruang bayi semakin sempit jika harus menunggu lima minggu lagi. 

"Pasien melahirkan lima bayi sekaligus adalah yang pertama bagi RSU dr Soetomo. Awal tahun lalu, kami menerima pasien yang melahirkan empat bayi," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com