Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debu Vulkanik Sinabung Menyebar hingga Kotori Kota Medan

Kompas.com - 17/06/2015, 11:16 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Debu vulkanik yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terbang hingga mengotori Kota Medan dan sekitarnya pada Rabu pagi (17/6/2015).

Pantauan di sejumlah ruas jalan di Kota Medan, terlihat kendaraan yang melintas diselimuti abu berwarna putih, debu vulkanik Gunung Sinabung.

Staf Pelayanan Data BMKG Wilayah I Medan Rika Karyani yang dihubungi tentang kondisi itu pun membenarkan jika debu vulkanik telah terbang hingga ke Kota Medan dan sekitarnya. Debu vulkanik tersebut dibawa angin dari arah Kabupaten Karo yang memiliki kecepatan sekitar 15-20 knot menuju arah barat daya Sumatera.

Dengan kecepatan angin yang tergolong kencang tersebut, debu itu bisa sampai ke Kota Medan sejak pagi hari. Bahkan, dari pemantauan yang dilakukan BMKG, debu vulkanik itu juga meliputi sejumlah daerah di pantai timur Sumut seperti Kabupaten Langkat, Kota Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang.

BMKG memperkirakan debu vulkanik itu bisa hilang dengan kemungkinan turunnya hujan pada sore hingga malam hari di Medan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com