Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kosmetik Palsu Buatan Pabrik Rumahan di Bandung Bikin Kulit Kendur

Kompas.com - 07/01/2015, 07:51 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sudah setahun perusahaan AW Lake's yang menempati sebuah bangunan di Jalan Cipaku 11 nomor 4, Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, menjalankan bisnis membuat kosmetik palsu bermerek internasional. Produk kosmetik abal-abal ini sudah tersebar ke seluruh salon dan spa menengah atas di seluruh Indonesia.

Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Angesta Romano Yoyol mengatakan, kosmetik palsu ini dibuat oleh orang-orang yang tak memiliki keahlian khusus di bidang industri kosmetik. Bukannya membuat konsumen menjadi cantik, efek yang ditimbulkan kosmetik palsu ini justru  menimbulkan bahaya pada kulit. Bahkan, menurut dia, kulit bisa kendur dan semakin keriput.

"Jelas sangat merugikan untuk kesehatan karena bahan baku buatan ini. Malah bisa bikin kulit makin kendur," kata Angesta saat ditemui seusai penggerebekan, Selasa (6/1/2015).

Selain itu, kosmetik palsu ini juga tidak memiliki petunjuk penggunaan yang tepat. "Kosmetik ini tidak ada takaran dan petunjuk penggunaannya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, bangunan di Jalan Cipaku tersebut digerebek aparat Polrestabes Bandung. Bangunan tersebut diduga digunakan oleh sebuah perusahaan bernama A.W Lake's untuk meracik dan membuat kosmetik palsu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi penggerebekan, bangunan yang menyatu dengan kolam renang umum Bukit Cipaku itu menyimpan dan mengolah berbagai bahan baku kosmetik mulai dari partai kecil hingga partai besar. Bau menyengat dari berbagai zat kimia pun menyeruak menyelimuti tujuh ruangan di dalam bangunan tersebut. (Baca: Kosmetik Palsu, Diracik di Pabrik Rumahan, Dijual ke Spa Kelas Atas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com