Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekrut Pekerja Asing, Perusahaan Galian C di Kota Palu Disegel Warga

Kompas.com - 24/11/2014, 19:43 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com – Perusahaan tambang pasir galian C di Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah disegel warga, Senin (24/11/2014).

Warga Watusampu nekat menyegel PT Optima Tiga Biru lantaran perusahaan ini belum membayar lahan milik warga sejak tiga tahun lalu hingga sekarang. Selain itu, perusahaan tersebut dinilai ingkar janji terkait perekrutan tenaga kerja.

"Ini perusahaan waktu itu di kelurahan bilang akan memanfaatkan tenaga kerja lokal. Tapi setelah ada itu perusahaan, mereka malah pakai tenaga kerja asing, yang sebenarnya kita warga lokal bisa kerjakan," kata Mahmud, salah seorang warga Ulujadi, Senin (24/11/2014).

Mahmud mengatakan, mereka tidak menolak jika ada tenaga kerja asing yang dipekerjakan oleh perusahaan. Namun, kata dia, mereka mestinya ditempatkan di tenaga ahli bukan teknis.

Warga menyegel kantor PT Optima dengan memalangkan kayu di pintu masuk ke perusahaan tersebut. Warga mengancam akan terus menyegel kantor tambang galian C itu sampai ada pembicaraan tentang kepastian ganti rugi lahan milik warga dan rekrutmen tenaga kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com