Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri Gamawan Fauzi Raih Gelar Doktor dengan Disertasi Pilkada yang Koruptif

Kompas.com - 20/09/2014, 05:12 WIB

 


SUMEDANG, KOMPAS.com
- Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengikuti sidang promosi doktor Ilmu Pemerintahan di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat, (19/9/2014). Judul disertasi Gamawan, 'Pengaruh Pemilihan Kepala Daerah Langsung Terhadap Korupsi Kepala Daerah di Indonesia'.

Gamawan Fauzi meraih gelar doktornya setelah selesai mengikuti sidang promosi doktor tersebut pada sore harinya. Penyerahan surat keputusan kelulusan diserahkan oleh Rektor IPDN, Dr. Drs. Suhajar Diantoro, M.Si kepada Gamawan yang baru mendapat gelar doktor itu. Sementara itu, Gamawan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas gelar yang diraihnya. 

Sidang dimulai pukul 15.30 WIB dengan 3 promotor, yakni Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS, Prof. Dr. M. Aries Djaenuri, MA, dan Prof. DR. Drs. H. Khasan Effendy, M.Pd serta delapan penguji. 

Ketua Tim Promotor dalam sidang promosi doktor Ilmu Pemerintahan dengan promovendus Gamawan Fauzi, Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS sempat melontarkan pertanyaan kepada Gamawan usai Gamawan memaparkan ringkasan disertasinya lantaran RUU Pilkada saat ini tengah hangat di masyarakat.

 

Pertanyaan terkait, apakah Pilkada oleh DPRD merupakan solusi atau masalah? Berikut pertanyaannya. 

 

"Bahwa Kemendagri sudah melakukan evaluasi terhadap Pilkada langsung ini banyak masukan, maka pada saat akan membuat masukan dari para tokoh dan para akademisi, tetapi, setelah membuat rancangan ini banyak penolakan. Apakah Pilkada dengan DPRD itu, merupakan solusi atau masalah?" tanya Profesor Ermaya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com