Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magelang Resmi Punya Universitas Negeri

Kompas.com - 02/04/2014, 19:12 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Impian masyarakat Kota Magelang, Jawa Tengah, mempunyai perguruan tinggi negeri (PTN) terwujud. Universitas Tidar Magelang (UTM) yang semula berstatus swasta resmi menjadi PTN, Rabu (2/4/2014).

Rektor UTM, Prof Cahyo Yusuf mengatakan, proses penegerian UTM melalui tahapan yang tidak mudah serta waktu yang panjang.

"Sebelumnya kita harus menyiapkan dokumen akademik, hasil penghitungan aset, dukungan pendanaan dan sebagainya," jelasnya, Rabu (2/4/2014).

Cahyo mengungkapkan, saat ini, UTM telah memiliki sebanyak 1600 mahasiswa. Sekitar 60 persen berasal dari Kota Magelang dan Kab Magelang, sisanya berasal dari luar daerah. Sedangkan fakultas, katanya, kampus UTM sudah mempunyai 5 fakultas, dengan didukung 2 guru besar, 75 dosen tetap dan 20 dosen tidak tetap.

Penyerahan perpres tentang penegrian kampus UTM secara langsung diberikan kepada Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, di Istana Negara, Jakarta.

Saat dikonfirmasi, Sigit mengungkapkan harapannya bahwa UTM nantinya akan menjadi kampus yang lebih baik dan besar, salah satunya dengan melengkapi fakultas yang ada. Sehingga bisa lebih memajukan dunia pendidikan di Kota Sejuta Bunga ini.

“Ini dampaknya luar biasa, warga yang punya penghasilan pas-pasan tak perlu lagi kos, dan pastinya hemat pengeluaran. Selain itu, warga Kota Magelang tak perlu jauh-jauh bisa kuliah di PTN luar kota," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com