Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, 14 Kasus Perdagangan Manusia Terjadi di Bandung Barat

Kompas.com - 03/12/2013, 18:21 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2013 terjadi 14 kasus perdagangan manusia (human trafficking) di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sebagian korbannya adalah kaum perempuan.

Wakil Bupati Bandung Barat Yayat Sumitra, mengatakan kasus-kasus itu merata di seluruh kabupaten tersebut. "Dari 14 kasus, ada 40 orang yang jadi korban semua merata di semua  kecamatan." ujar Yayat saat ditemui usai Rakerda gugus tugas pencegahan dan penanganan korban kekerasan, perdagangan manusia terhadap perempuan dan anak di Padalarang, Selasa (3/12/2013).

Yayat menambahkan, tidak jarang kasus human trafficking diwarnai kekerasan dan rata-rata dilatarbelakangi masalah ekonomi. Banyak korban yang mudah dibujuk dengan iming-iming penghasilan besar. "Dengan kesejahteraan yang merata kasus ini bisa hilang dengan sendirinya," akunya.

Sementara itu, bentuk penjualan manusia dan kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di Bandung Barat masih didominasi oleh tindakan-tindakan yang sifatnya kriminal. "Sebenarnya sudah masuk ke ranah tindak pidana seperti perdagangan manusia, penculikan dan seksualitas," imbuhnya.

Kendati demikian, dia  meyakini banyaknya kasus penjualan manusia dan kekerasan di wilayahnya tidak terlalu mencolok. Namun karena pengalaman dan pengetahuan yang rendah, kata Yayat, indikator-indikator yang tidak berpengaruh kepada kasus-kasus tersebut justru ikut dimunculkan.

"Jangan sampai definisi yang tidak klop seloah-olah membuat kuantitasnya menjadi sangat banyak," tegasnya.

Yayat menambahkan, Pemkab Bandung Barat akan membentuk Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Bandung Barat. Lembaga ini bertujuan menanggulangi kasus-kasus penjualan manusia dan kekerasan terhadap perempuan sekaligus mewadahi para korbannya.

Menurut Yayat, pembentukan itu akan dilakukan secepatnya mengingat selama ini semua korban penjualan manusia dan kekerasan terhadap perempuan masih ditanggulangi P2TP2A Provinsi Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com