Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panwas Pamekasan Tak Hadir Deklarasi Damai Pilgub Jatim

Kompas.com - 11/08/2013, 17:24 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pamekasan tidak menghadiri penandatanganan deklarasi damai pemilihan umum Gubernur Jawa Timur antara tim sukses pasangan calon yang digelar di Hotel Puteri, Pamekasan, Minggu (11/8/2013). Sejumlah pihak lain seperti KPU Pamekasan, Polres Pamekasan, Kodim 0826 Pamekasan, Pemerintah Kabupaten Pamekasan, DPRD Pamekasan dan tim sukses masing-masing calon gubermur ikut menandatangani deklarasi damai itu.

Bambang Hairul Huda, Sekretaris KPU Pamekasan mengatakan, undangan penandatanganan deklarasi damai Pilgub Jatim sudah dikirim ke Panwaslu Pamekasan. Namun hari ini tidak  satupun yang datang memenuhi undangan KPU Pamekasan. Ketidakhadiran Panwaslu Pamekasan itu kata Bambang, belum diketahui alasannya. Namun kemungkinan mereka mudik lebaran.

“Kami hanya mengirimkan undangan saja. Persoalan Panwaslu mau datang atau tidak bukan urusan KPU Pamekasan,” ungkap Bambang.

Tidak hadirnya Panwaslu itu menuai kekecewaan Muhamamd Zaiful, ketua tim sukses pasangan Khofifah Indar Parwansa-Herman Sumawireja (Berkah). Menurut Zaiful, Panwaslu merupakan penyelenggara penting yang harus tanda tangan deklarasi damai. Sebab saat ini sudah banyak pelanggaran Pemilu Pilgub Jatim yang sudah dilakukan oleh pasangan Gubernur lainnya.

“Saya kecewa denan Panwaslu Pamekasan atas ketidakhadirannya dalam deklarasi damai ini. Panwaslu sepertinya tidak serius menyelenggarakan Pilgub Jatim karena tidak ada kabarnya,” ungkap Zaiful.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KPU Pamekasan, tiga anggota Panwaslu Pamekasan sedang mudik Lebaran. Ahmad Zaini, Ketua Panwaslu Pamekasan informasinya sedang mudik Lebaran ke tanah kelahirannya di Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep. Ponselnya tidak aktif ketika beberapa kali dihubungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com