Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri Keberadaan Danau Purba Borobudur

Kompas.com - 22/12/2011, 15:25 WIB
Ahmad Arif

Penulis

KOMPAS.com - Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas hari ini mengeksplorasi aliran lahar dan sungai-sungai di sekitar Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Mereka bergerak bersama vulkanolog Helmy Murwanto dari UPN Veteran Yogyakarta untuk menelusuri jejak danau purba Borobudur.

Tim akan menguji sejumlah hipotesa mengenai danau purba tersebut. Selama ini danau menjadi perdebatan di kalangan peneliti apakah benar Candi Borobudur dibangun di bukit yang berada di tengah-tengah danau.

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi diperkirakan memusnahkan danau dan merubah bentang alam sekitar Candi Borobudur. "Tim berada di sungai-sungai yang dulu diperkirakan bermuara di danau," kata Ahmad Arif, ketua tim ekspedisi.

Sehari sebelumnnya, tim menyisir jejak letusan Gunung Merapi masa lalu di Yogyakarta dari Sleman hingga Bantul yang disebutkan memiliki keterkaitan dengan kehancuran Kerajaan Mataram Kuno.

Sementara itu di Banyuwangi, tim dokumenter TV Ekspedisi Cincin Api Kompas hari ini melakukan pendakian ke Gunung Ijen. Belum ada laporan apakah tim bisa turun ke kawah yang sedang berstatus siaga tersebut.

Ikuti perkembangan Ekpedisi Cincin Api di: www.cincinapi.com atau melalui facebook: ekspedisikompas atau twitter: @ekspedisikompas

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com