Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petahana Bupati Tegal Umi Azizah Kembali Ikuti Penjaringan PKB di Pilkada 2024

Kompas.com - 17/05/2024, 08:29 WIB
Tresno Setiadi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Mantan Bupati Tegal periode 2019-2024, Umi Azizah kembali mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati (bacabup) periode 2024-2029 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dengan dikawal pendukungnya, Ketua Muslimat NU Kabupaten Tegal ini menyerahkan formulir sebagai bacabup melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Kamis (16/5/2024).

Sebelum bertolak ke Sekretariat DPC PKB di Jalan Ahmad Yani Slawi, Umi bersama pendukungnya menggelar doa bersama di depan Gedung PCNU Kabupaten Tegal.

"Mohon dukungan doanya, semoga ikhtiar mulia saya menuju proses berikutnya untuk mendapatkan rekom dari DPP PKB dikabulkan," kata Umi Azizah di hadapan pendukungnya yang didominasi ibu-ibu Muslimat dan Fatayat, Kamis.

Baca juga: Pilkada Banyumas, 10 Nama Berebut Tiket PDI-P, Siapa Saja Mereka?

Umi menyebutkan, pelaksanaan Pilkada harus murah.

Tujuannya agar ketika siapapun terpilih menjadi pemimpin, tidak mencari kembalian modal yang sudah dikeluarkan saat kampanye.

"Sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera," kata Umi.

Setelah berdoa bersama di depan Gedung PCNU, Umi Azizah menuju ke kantor DPC PKB yang jaraknya sekitar 300 meter dengan berjalan kaki.

Umi Azizah ditemui Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal A. Firdaus Assyairozi dan Ketua Desk Pilkada PKB Kabupaten Tegal serta jajarannya.

Baca juga: Kerangka Manusia Kenakan Sarung dan Peci Ditemukan di Jalur Pendakian Gunung Slamet Tegal, seperti Apa Kondisinya?


Baca juga: PDI-P Tutup Pintu Bobby di Pilkada Sumut 2024, Gibran: Tenang Aja

Menunggu rekomendasi DPP PKB

Setelah mengembalikan formulir pendaftaran, Umi mengaku bahwa berkasnya sudah dinyatakan lengkap. Selanjutnya akan menunggu rekomendasi dari DPP PKB.

"Untuk rekomendasi, saya serahkan seutuhnya kepada DPP PKB," kata dia.

Umi tak menampik, sebelum mendapatkan rekomendasi, memang harus mengikuti uji kelayakan yang dilakukan oleh DPP PKB.

"Prinsipnya, saya akan mengabdi lagi kepada masyarakat Kabupaten Tegal, semoga dikabulkan," kata Umi yang baru purna tugas di Januari 2024.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Magelang Ambil Formulir Pilkada 2024 Lewat PDI-P

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada PKB Kabupaten Tegal A Jafar menyebutkan, berkas formulir pendaftaran Umi Azizah sudah lengkap. Untuk tahapan berikutnya, akan diserahkan kepada DPP PKB.

Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi menyebutkan ihwal rekomendasi merupakan hak prerogratif DPP PKB.

"Kami hanya menerima pendaftaran saja. Untuk rekomendasi, nanti kewenangan dari DPP," imbuhnya.

Seperti diketahui, Umi Azizah yang awalnya Wakil Bupati sempat menggantikan Bupati Tegal Enthus Susmono yang tutup usia pada Mei 2018.

Setelah menuntaskan periode pemerintahannya selama tiga bulan, Umi kembali dilantik sebagai Bupati Tegal periode 2019-2024 setelah memenangi Pilkada serentak tahun 2018. Umi bersama wakilnya

Sabilillah Ardi saat itu memang diusung PKB.

Baca juga: Alasan Ketum Persab Brebes Asrofi Maju di Pilkada 2024

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com