Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Negara Iriana Hadiri HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional di Kota Solo

Kompas.com - 15/05/2024, 10:45 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Kehadiran Ibu Negara ditemani oleh Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani, di Hotel Alila Solo, pada Rabu (15/5/2024) pukul 09.29 WIB. 

Keduanya diikuti oleh ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) serta pengurus Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia.

Tampak pula Ketua Dekranas Kota Solo sekaligus istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda.

Baca juga: Ibu Negara Iriana Bakal Ikuti Parade Mobil Hias di Solo, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

"Selamat dagang Ibu Negara Joko Widodo, Ketua Umum Dekranas Ibu Wury Ma’ruf Amin, dan seluruh anggota OASE dan seluruh tamu undangan yang hadir di Kota Solo," kata Ketua Dekrnanas Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, dalam sambutan, Rabu. 

Pada kegiatan yang dihadiri Iriana Jokowi ini diharapkan para perajin makin termotivasi untuk terus berkembang, mengembangkan dan memajukan wastra dan kriya nusantara yang berdaya saing meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para perajin.

"Dan terima kasih atas terpilihnya Jawa Tengah dan hal ini Kota Solo sebagai tuan rumah kegiatan berskala nasional. Ini perhatian sekaligus apresiasi Dekranas terhadap kemajuan potensi kerajinan," ujar dia. 

Ketua Panitia HUT Ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, acara ini puncak peringatan hari lahir Dekranas pada 3 Maret 1980.

"Sebagai ajang apresiasi dan promosi budaya yang tercermin dalam berbagai produk kejadian kerajinan nasional dengan kearifan lokal Indonesia," kata Loemongga dalam sambutannya .

Rangkaian acara telah berlangsung sejak Maret 2024 dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan dan workshop yang bersinergi dengan semua kementerian lembaga ex officio Dekranas.

Baca juga: Anak Aria Bima Daftar Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo Lewat PDI-P

Direncanakan setelah pembukaan, Iriana Jokowi berserta rombongan akan mengikuti parade mobil hias di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Stadion Sriwedari ke Pura Mangkunegaran, Kota Solo.

Sepanjang rute, 472 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub akan dikerahkan khusus untuk pengamanan parade.

Terdapat pula ekspo produk kerajinan unggulan Indonesia, kemudian ada stan kuliner nusantara dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin.

"Selain itu, diadakan pula berbagai acara setiap harinya seperti ada hiburan musik oleh artis-artis ternama serta kegiatan pengembangan UMKM," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com