Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Wisata Terbakar di Perairan Pulau Penga Labuan Bajo, 4 Orang Luka dan Sesak Napas

Kompas.com - 02/05/2024, 12:12 WIB
Nansianus Taris,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kapal Wisata Sea Safari VII yang hendak berwisata ke Pulau Komodo, terbakar di perairan Pulau Penga Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Kamis (2/5/2024) pukul 08.50 Wita.

Saat terbakar, kapal itu mengangkut 33 orang yang terdiri dari anak buah kapal (ABK) dan wisatawan.

Baca juga: Kapal Kargo Terbakar dan Terdampar di Pulau Binongko Wakatobi

Kepala Basarnas Maumere, Suprianto Ridwan menjelaskan pihaknya menerima laporan adanya informasi kapal terbakar pada Kamis (2/5/2024) pagi.

Kemudian tim SAR gabungan diberangkatkan. Dikerahkan pula Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat, Kapal Searider Ditpolair Polda NTT, dan Kapal Searider KSOP Labuan Bajo.

"Searider Dit Polair NTT terlebih dahulu dikerahkan menuju lokasi guna mempercepat evakuasi korban dan dilanjutkan Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat dan Searider KSOP Labuan Bajo," terang Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis siang.

Baca juga: Seorang Penumpang Kapal KMP Lawit Terjun ke Laut, Pencarian Masih Dilakukan

Sampai di lokasi, lanjut dia, kapal lain telah lebih dulu memindahkan korban ke tempat yang aman yaitu Kapal Wisata Birotris, Kapal Wisata Explorer 8, dan dua sekoci Kapal Sea Safari VII.

"Sekitar pukul 09.30 Wita tim SAR gabungan Ditpolair Polda NTT berhasil menyelamatkan empat korban yang mengalami luka-luka dan sesak napas menuju RS Siloam," katanya.

Baca juga: Kapal Berbendera Tanzania Terbakar di Perairan Laut Banda, 10 Kru Diselamatkan ke Kupang

Sementara tim Pos SAR Manggarai Barat dan Sea Rider KSOP Labuan Bajo membawa 11 orang, terdiri dari ABK tiga orang dan delapan orang penumpang menuju Labuan Bajo.

Penumpang lainnya yang berjumlah 18 orang dievakuasi menuju Resort Warloka Manggarai Barat untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com