Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Dinas Terekam Isi BBM Bersubsidi, Begini Penjelasan Pemprov Jateng

Kompas.com - 24/04/2024, 15:36 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar video mobil pelat merah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mengisi bahan bakar minyak jenis pertalite di SPBU Srondol, Banyumanik, Kota Semarang.

Menurut unggahan akun instagram @beritasemaranghariini, video itu terjadi pada Minggu (21/4/2024). Usai dikonfirmasi, mobil itu memang milik pegawai Pemprov Jateng.

Baca juga: Viral, Video Mobil Pelat Merah Isi BBM Bersubsidi di Pertamina Semarang

Namun setelah dicek di SPBU tersebut, Kabid Aset Daerah BPKAD Jawa Tengah, Adi Raharjo tidak mendapati mobil pelat merah dengan nomor H 1840 XG dalam rekaman CCTV di hari yang sama.

"Dari SK itu tercatat sebagai kendaraan Pemprov Jateng betul. Terus kemudian pimpinan sudah memohon dan menginstruksikan agar SKPD melakukan penelusuran. Kendaraan itu digunakan untuk penjemputan tamu dan pada hari yang viral itu. Kendaraan itu berada di garasi," kata Adi melalui sambungan telepon, Rabu (24/4/2024).

Tak hanya mengecek rekaman CCTV di SPBU tersebut, Adi juga telah mengonfirmasi kepada pengelola dan mendapati bila pegawai yang mengisi bahan bakar dalam video itu libur.

"Pak Sekda mengarahkan pengecekan. Saya ke SPBU-nya. Ketemu Mas Galih Pengelola SPBU, berdasarkan CCTV di tanggal viral itu tidak ada pengisian kendaraan nomor tersebut dan petugas SPBU yang ada di berita itu pada 21 April itu juga libur dan enggak masuk kerja," bebernya.

Kemudian pihaknya mencoba mencari hari kejadian yang sebenranya, tapi belum mendapat kepastian.

Kendati demikian, dia meyakini video itu terekam saat belum berlakunya larangan mobil dinas milik pemerintah mengakses BBM subsidi seperti pertalite.

"Kesulitan, karena itu video lama, mungkin saja video itu diduga ketika pada waktu itu masih diberlakukan premium, dan belum ada kebijakan atau larangan kendaraan dinas mengisi pertalite," tandas Adi.

Sebelumnya diberitakan, beredar video mobil plat merah mengisi BBM jenis subsidi di SPBU Pertamina Srondol, Banyumanik, Kota Semarang, Jateng.

Video yang diunggah pada Minggu (21/4/2024) menunjukkan mobil bermerek Kijang Innova mengisi BBM jenis Pertalite yang terlolong BBM subsidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com