Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bazar Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2024 Diharapkan Bantu Tingkatkan Perekonomian HST

Kompas.com - 23/04/2024, 13:26 WIB
Nethania Simanjuntak,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disparpora) menggelar Bazar Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2024 bertema “Bersama Memajukan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Untuk HST Makmur Unggul dan Dinamis”.

Penyelenggaraan bazar berlangsung pada 20-26 April 2024 di Taman Dwi Warna Barabai, Kabupaten HST.

Kepala Disporapar HST M Ramadlan mengatakan, pihaknya melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang memiliki produk unggulan, termasuk wirausaha muda yang mempunyai produk ekonomi kreatif.

“Total ada 18 stand yang diisi oleh pelaku UMKM dan ekonomi kreatif serta instansi. Termasuk ada dari Kabupaten tetangga, ada juga sekolah-sekolah yang memamerkan karya mereka, dan hasil program Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, ada stand-stand pedagang lainnya,” ujar Ramadlan dalam keterangan persnya, Selasa (23/4/2024).

Baca juga: Jajaran Pemkab HST Khatamkan Al Quran Selama Ramadhan, Bupati Aulia: Terus Baca dan Amalkan Isinya

“Saat malam, pembukaan diisi dengan grand final pemilihan Putra-Putri Pariwisata (Putpar) HST, Murakata Coffee Festival, Turnamen E-Football, gelaran seni budaya dan pameran, serta penampilan artis Teguh Vagetoz,” lanjutnya.

Ramadlan berharap, bazar tersebut dapat membantu UMKM, utamanya yang ada di sektor pariwisata. Bazar ini juga sekaligus mempromosikan ekonomi kreatif daerah, seperti kriya, kuliner, dan seni pertunjukan.

“Kami ingin mendorong pertumbuhan ekonomi HST dan melahirkan pelaku wirausaha,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HST Aulia Oktafiandi mengatakan, bazar tersebut merupakan wujud nyata kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri kreatif, dan masyarakat dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di HST.

Baca juga: Bina Mental dan Spiritual Pejabat, Pemkab HST Kembali Gelar Tadarus Al-Quran

“Pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan roda ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, serta memperkenalkan potensi dan keindahan daerah kita kepada wisatawan lokal maupun mancanegara,” ucap Aulia.

Aulia mengungkapkan, Pemkab HST berkomitmen terus mendukung dan memfasilitasi perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah.

“Mari kita bersama-sama memanfaatkan potensi yang ada dan menjadikan daerah kita sebagai destinasi yang menarik serta pusat ekonomi kreatif yang berkembang pesat,“ ucapnya.

Oleh karenanta, Aulia mengimbau seluruh masyarakat serta peserta bazar untuk menjaga situasi wilayah agar tetap aman dan nyaman.

"Demi kelancaran penyelenggaraan bazar, baik saat mulai hingg penutupan nanti," ucap Aulia.

Baca juga: Kepsek Asal HST Raih Penghargaan dan Temukan Solusi Pendidikan di TPN X

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com