Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Juara 1 Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi, Kabupaten HST Akan Wakili Kalsel ke Tingkat Nasional

Kompas.com - 23/05/2023, 17:56 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) meraih juara 1 Lomba Masak Serba Ikan kategori Menu keluarga Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ketua TP PKK HST Cheri Bayuni Budjang mengaku bersyukur atas penghargaan tersebut. Terlebih, TP PKK Kabupaten HST akan mewakili Kalsel di ajang lomba masak tingkat nasional.

"Ini suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, khususnya TP PKK HST yang diwakili TP PKK Labuan Amas Selatan (LAS). Menu yang disajikan untuk menu keluarga adalah talas naga haruan meratus," kata Cheri, dikutip melalui keterangan pers, Selasa (13/5/2023).

Dia mengatakan itu saat menghadiri acara yang digelar di Halaman Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan Jalan Jenderal Sudirman, Kota Banjarbaru, Selasa.

Cheri mengatakan, prestasi yang didapat itu merupakan kebanggaan yang luar biasa. Sebab, TP PKK HST harus melalui sejumlah tahapan seleksi, mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, kabupaten, sampai provinsi.

Baca juga: Atlet Lari Dina Aulia Sumbang Perunggu SEA Games Kamboja, Bupati HST: Selamat Sudah Harumkan Bumi Murakata

“Sebagai utusan dari provinsi dalam lomba masak serba ikan tingkat nasional, semoga dapat membawa nama baik Kalsel,” harapnya.

Istri Bupati HST Aulia Oktafiandi itu menegaskan, pihaknya akan terus belajar untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam mengolah menu dan masakan serba ikan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Ahmad Fathoni mengungkapkan, Kabupaten HST mempunyai potensi besar di sektor perikanan, terutama spesies ikan perairan umum.

Oleh karenanya, keragaman masakan berbahan dasar ikan juga dimiliki masyarakat HST dari dulu hingga kini. Ahmad menegaskan, hal ini menjadi tanggung jawab untuk mengembangkan potensi itu.

“Terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada Bapak Bupati yang telah menginstruksikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk pengembangan perikanan di HST,” ucap Ahmad.

Baca juga: Buka Tradisi Batumbang Apam, Bupati HST Harap Tradisi Ini Tingkatkan Keimanan Generasi Penerus Bangsa

“Terima kasih tak terhingga juga kepada ibu ketua TP PKK Kabupaten yang telah memberikan support dalam Lomba Masak Serba Ikan. Kekayaan kuliner HST akan terus berkembang sebagaimana arahan beliau,” imbuhnya.

Adapun pada Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kalsel 2023, Kabupaten HST memilih menu masakan keluarga lewat partisipasi Kecamatan LAS.

Kemudian, pada kategori menu Balita diwakili Kecamatan Limpasu dan menu kudapan diwakili PKK Desa Kalibaru.

Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kalsel Tahun 2023 ini menghasilkan Kabupaten HST sebagai juara 1 kategori menu keluarga, Kabupaten Barito Kuala (Batola) sebagai juara 1 menu balita, dan Kabupaten Kotabaru juara 1 sebagai kategori menu kudapan.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Tetapkan SBI di Kabupaten HST, Bupati Aulia Ingin SDM Bersaing secara Global

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com