Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Banyak Prestasi, Gubernur Sumsel Dianugerahi Gelar Mangku Alam dari Lembaga Adat Lengkiti

Kompas.com - 22/05/2023, 14:49 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mendapatkan gelar atau adok mangku alam dari Lembaga Adat Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Ketua Pemangku Adat Lengkiti M Toyip menyatakan, setiap warga berhak mendapat gelar atau adok.

Gelar atau adog merupakan simbol yang telah dimiliki penyandang gelar atau adok dalam kancah perjuangan dalam berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Toyip menjelaskan, gelar itu hanya diberikan kepada orang-orang tertentu, salah satunya adanya peningkatan status seseorang dari masa lajang ke masa berkeluarga.

Selain itu, gelar juga diberikan jika keberhasilan suatu usaha atau perjuangan seseorang dalam mencapai suatu prestasi yang diperuntukkan dan dinikmati oleh keluarga dan masyarakat banyak.

Baca juga: Herman Deru Libatkan 1.120 Personel Gabungan Apel Kesiapsiagaan Bencana Karhuta di Sumsel

"Gelar ini juga diberikan pada orang yang telah mendapat kepercayaan atau amanah dari masyarakat atau pemerintah untuk menduduki jabatan terhormat karena jasanya," jelasnya dalam siaran pers, Senin (22/5/2023).

Dia mengatakan itu dalam acara halalbihalal dan rapat pemangku adat dengan masyarakat Desa Tanjung Lengkayap, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU, Jumat (19/5/2023).

Toyip berharap, adanya gelar tersebut membuat masyarakat menghormati dan mendukung fungsi dan posisi penyandang gelar secara positif.

Adapun gelar tersebut diberikan Lembaga Adat berdasarkan Surat Keputusan Pemangku Adat Kecamatan Lengkiti Nomor 201/PA/LENGKITI/2023.

Selain menindaklanjuti hasil rapat pemangku adat, rapat tersebut juga ditindaklanjuti untuk menjaga kelestarian budaya bangsa

Baca juga: Pesan Gubernur Sumsel untuk BPS: Semoga Tidak Hanya Tunjukkan Hasil Statistik

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku sangat gembira dapat bersilaturahmi dalam acara halalbihalal bersama masyarakat Lengkiti.

Dia mengatakan, atas nama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), pihaknya berterima kasih atas penghargaan yang diberikan.

Herman jua mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kecamatan Lengkiti dan segenap masyarakat yang telah berpartisipasi dalam membangun dan memajukan OKU dan Sumsel.

Dia menegaskan, sejak menjabat sebagai Gubernur Sumsel pada 1 Oktober 2018, Pemprov Provinsi Sumsel terus berkomitmen terhadap kesejahteraan masyarakat Lengkiti.

Menurutnya, hal itu meneguhkan visi “Sumatera Selatan Maju Untuk Semua”, yaitu terwujudnya masyarakat Sumsel yang sehat, berprestasi, jujur, mandiri, dan sejahtera dengan berlandaskan iman, takwa, dan integritas.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com