Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pembangunan Permukiman Kawasan Kota Lama Kesawan Medan Capai 54 Persen

Kompas.com - 19/05/2023, 20:37 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pengerjaan revitalisasi Kota Lama Kesawan Kota Medan terus dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan direncanakan tuntas pada November 2023.

Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Kawasan Permukiman Nurasyiah YS mengatakan, realisasi progres pekerjaan Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kawasan Kota Lama Kesawan yang telah dilakukan sampai 14 Mei 2023 adalah 54,830 persen.

Padahal, kata dia, berdasarkan rencana targetnya 53,884 persen atau terdapat deviasi sebesar 0,946 persen.

Nurasyiah juga menjelaskan secara rinci progres pekerjaan pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang dilakukan.

Dia mengatakan, progres pembangunan fisik di Jalan Ahmad Yani 69,81 persen, Jalan Ahmad Yani VII-Gedung Warenhuis 70,42 persen, Jalan Perdana 68,95 persen, Jalan Balai Kota 51,30 persen, Jalan Pulau Pinang 56,39 persen, dan Jalan Perniagaan 72,02 persen.

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi Pascapandemi, Pemkot Medan Bersama USU Bangun Plaza UMKM

Nurasyiah mengatakan, pengerjaan pada Mei 2023 berfokus untuk penyambungan drainase crossing Jalan Balai Kota ke Jalan Pulau Pinang dengan menggunakan Box Culvert ukuran 1,5 meter (m) x 1,5 m.

Selain itu, kata dia, kegiatan revitalisasi Kota Lama Kesawan ini juga melakukan kolaborasi pekerjaan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dan masing-masing provider terkait upaya kerja sama dan kelancaran pembangunan dalam penanganan saluran drainase dan program penanganan kawasan rapi tanpa kabel.

Sementra itu, Kepala Satuan Kerja PKP Wilayah II Sumut Poppy Pradianti Hastuti mengataan, sejauh ini tidak ada kendala yang ditemui dalam pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang dilakukan.

“Kami berupaya pengerjaannya selesai sesuai dengan target, yakni November 2023. Malah kalau bisa Oktober 2023 sesuai yang diinginkan Bapak Wali kota,” ungkap Poppy.

Baca juga: Lokasi Kuliner di Medan Berdebu, Bobby Nasution Minta Maaf ke Iriana

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (Sumut) Syafriel Tansier mengatakan, progres pekerjaan yang dilakukan mulai 8 Juli 2022 sampai 14 Mei 2023 telah mencapai 54,830 persen.

“Pekerjaan yang dilakukan itu meliputi Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Revitalisasi Saluran Drainase, Pekerjaan Jalur Utilitas, Pekerjaan Koridor Jalan Balai Kota-Jalan Bukit Barisan-Jalan Pulau Pinang, Pekerjaan Koridor Jalan Ahmad Yani, Pekerjaan Kawasan Jalan Perniagaan-Jalan Kereta Api, serta Pekerjaan Kawasan Jalan Masjid-Pasar Hindu," katanya dalam siaran pers, Jumat (19/5/2023).

Untuk diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap, kawasan Kawasan Kota Lama Kesawan yang dipenuhi banyak bangunan bersejarah itu menjadi wisata heritage sekaligus mendorong perkembangan ekonomi.

Adapun pengerjaan kegiatan Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kawasan Kota Lama Kesawan Kota Medan dikerjakan melalui Kontraktor Pelaksana PT Brantas Abipraya (Persero).

Baca juga: Perkuat Sektor UMKM di Medan, Bobby Gandeng USU Bangun Plaza UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com