Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

40 Musisi Ikuti Audisi Youth Music Camp 2023, Ajang Disparbud Jabar bersama Melbourne Symphony Orchestra

Kompas.com - 19/05/2023, 10:50 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebanyak 40 musisi muda Jawa Barat (Jabar) mengikuti audisi Youth Music Camp 2023 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar di Taman Budaya Jabar, Kota Bandung, Kamis (11/5/2023).

Youth Music Camp 2023 merupakan ajang pengembangan minat dan bakat musik klasik, khususnya berkaitan dengan instrumen musik strings, seperti violin, viola, selo, dan kontrabas, bersama para musisi dari Melbourne Symphony Orchestra (MSO).

Koordinator Youth Music Camp Djaelani mengatakan, West Java-MSO Youth Music Camp merupakan kesempatan emas bagi musisi muda Jawa Barat untuk mengembangkan keterampilan bermain alat musik strings.

“Ajang in sekaligus bisa menumbuhkan pemahaman dan apresiasi lintas budaya melalui networking dengan musisi kelas dunia," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Jabar Raih Opini WTP 12 Kali, Kang Emil: Pembangunan di Jabar Selalu Transparan

Djaelani berharap, ajang tersebut kembali menumbuhkan kecintaan anak muda terhadap musik orkestra, terlebih konser musik dibatasi setelah dua tahun masa pandemi Covid-19.

"Gairah musik anak muda harus tetap ada dan tentunya agar muncul bakat-bakat baru dari Jabar," harap musikolog dan dosen seni music ini.

Terkait audisi yang dijalankan, Djaelani menyebutkan, para penampil mampu memainkan musik konserto/sonata dengan sangat bagus sehingga dia percaya anak muda Jabar akan mendunia melalui musik.

Sebanyak 40 musisi muda Jawa Barat (Jabar) mengikuti audisi Youth Music Camp 2023 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar di Taman Budaya Jabar, Kota Bandung, Kamis (11/5/2023).
DOK. Humas Pemprov Jabar Sebanyak 40 musisi muda Jawa Barat (Jabar) mengikuti audisi Youth Music Camp 2023 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar di Taman Budaya Jabar, Kota Bandung, Kamis (11/5/2023).

Salah satu peserta Ramandha (23) mengungkapkan, dia baru kali ini mengikuti seleksi atau audisi musik di luar kampus, bahkan setingkat audisi internasional.

Dia optimistis bisa lolos dan bergabung dalam audisi ini serta siap menjalani Youth Music Camp 2023.

Baca juga: Disorot DPD PDI-P Jabar, Plt Walkot Bekasi Tri Adhianto Sudah Bolos Lima Kali dari Agenda Partai

"Ini menjadi pengalaman pertama ikut audisi orkestra. Selama ini baru di kampus," ujar mahasiswa semester VI Jurusan Seni Musik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tersebut.

Pada kesempatan itu, Ramandha terlihat sangat bersemangat. Menurutnya, audisi ini membuatnya bertemu dengan anak muda seusianya yang sama-sama tertarik akan musik orkestra.

"Menambah relasi dan pengalaman baru," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Athira (22). Dia mengaku bermimpi mengikuti audisi dan bergabung dengan grup musik internasional.

Sebab, kata Athira, selain mengasah bakat, kegiatan yang dia ikuti dapat menambah ilmu bermusik. Apalagi, peserta nanti akan bermain bersama master orkestra internasional.

Baca juga: Perluas Zona Buang TPPAS Sarimukti, DLH Jabar Klaim Sudah Tak Ada Antrean Truk Sampah

Adapun audisi Youth Music Camp 2023 menyeleksi 40 peserta untuk dikerucutkan menjadi 30 peserta. Youth Music Camp dilaksanakan selama tiga hari, yakni 14-16 Mei 2023 dalam format workshop, masterclass, dan rehearsal.

Peserta audisi telah diuji keterampilan teknis memainkan sonata atau konserto dengan alat musik gesek yang dikuasai.

Selain Djaelani, seleksi tahap awal Youth Music Camp dilakukan Alfin Asa Fathinanda, pengajar instrumen violin, dan violinis untuk Erwin Gutawa Orchestra serta Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra, yang juga merupakan alumni MSO Youth Music Camp di Yogyakarta 2016.

Pada tahap selanjutnya, audisi dilakukan di hadapan dewan juri yang berkoordinasi dengan Melbourne Symphony Orchestra dengan anggota I Nyoman Mahendra, Robby Subarja, dan Dorry Windhu Sanjaya.

Baca juga: Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Viralkan Jual Beli Kursi dan Pungli PPDB SMA di Jabar

Sebagai puncak rangkaian kegiatan, konser kolaborasi Youth Music Camp-Melbourne Symphony Orchestra akan digelar di Auditorium PPAG Universitas Katolik Parahyangan, Bandung pada 17 Mei 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com