KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Semarang Night Carnival Bakal Jadi Pembuka Event Semarak Jejak Kreatif 2023

Kompas.com - 12/05/2023, 21:30 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semarang Night Carnival (SNC) 2023 akan menjadi pembuka acara Semarak Jejak Kreatif 2023

SNC merupakan salah satu rangkaian acara tahunan guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-476 Kota Semarang. Acara yang sudah berjalan selama 13 kali ini menampilkan perpaduan seni tari, drama, dan kostum karnaval.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Wing Wiyarso Poespojoedho mengatakan, Semarak Jejak Kreatif 2023 merupakan acara baru yang terselenggara dari kolaborasi sejumlah pihak.

Pihak yang dimaksud, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng), dan Disbudpar Kota Semarang.

Baca juga: Kondisi Kejiwaan Husen, Pelaku yang Mutilasi dan Cor Bosnya di Semarang Dipertanyakan, Polisi: Saat ini Masih Konsisten

“Dan kali ini (SNC) ada sedikit perbedaan, kegiatan akan dilaksanakan pada Jumat (19/5/2023). Nanti akan dirangkaikan sebagai opening event dari Semarak Jejak Kreatif 2023, yang merupakan event baru,” ujar Wiyarso dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Nantinya, lanjut dia, ada tiga unsur pemerintah yang terlibat dalam menyelenggarakan event Semarak Jejak Kreatif 2023.

Wiyarso mengungkapkan, gelaran SNC 2023 mengangkat tema “The Luxury” yang memiliki arti kemewahan, keindahan, dan kenyamanan.

“Keris, chandelier, kipas, dan lotus menjadi sub-tema pada pagelaran kali ini,” imbuhnya.

Wiyarso menyampaikan, acara SNC 2023 menjadi momentum untuk mengangkat kembali akulturasi budaya Kota Semarang sebagai sejarah peninggalan masa lampau.

Baca juga: Fakta dan Sejarah Candi Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia

Ia mengaku paham Kota Semarang memiliki keberagaman budaya sebagai peninggalan sejarah masa lampau yang dulu kala sebagai kota bandara raya.

“Di mana pada saat itu terdapat jalur rempah, gula, maupun jalur sutra semua pusat perdagangan, bertransaksi di Kota Semarang, khususnya di kawasan Kota Lama,” jelas Wiyarso.

Ia menjelaskan, peserta SNC 2023 yang akan ikut berpartisipasi tercatat sebanyak 120 orang dan terdiri dari berbagai unsur masyarakat.

Sekitar 40 kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Semarang, juga akan ikut memeriahkan SNC 2023 di Kota Lama. Mereka akan mengenakan kostum masing-masing dengan sub-tema yang sudah diangkat.

Baca juga: Buktikan Tak Pakai Narkoba, Anak Petinggi Polri yang Tabrak Pelajar Ajukan Asesmen ke BNN

“Ada 120 peserta dari berbagai unsur pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum. Semua peserta akan memperebutkan berbagai macam penghargaan,” ujarnya.

Adapun persiapan acara SNC 2023 akan dilaksanakan mulai Rabu (17/5/2023) dengan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto.

Rekayasa lalu lintas itu dilakukan karena Jalan Letjen Suprapto akan digunakan sebagai lokasi SNC hingga titik akhir di Taman Titik Nol Kilometer, Kota Semarang.

 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com