Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemprov Jabar Raih 510 Penghargaan, Ridwan Kamil: Bukti Ada 510 Perubahan di Berbagai Bidang

Kompas.com - 11/05/2023, 14:07 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar berhasil meraih 510 penghargaan atau prestasi selama masa jabatannya.

Pemprov Jabar Raih 510 Penghargaan, Ridwan Kamil: Bukti Ada 510 Perubahan di Berbagai Bidang

"Total 510 penghargaan ini menjadi bukti bahwa ada 510 peribahan di berbagai bidang. Penghargaan itu terdiri dari 18 penghargaan internasional, 392 nasional, dan 100 non-pemerintah," tutur pria yang akrab disapa Kang Emil itu melalui keterangan persnya, Kamis (11/5/2023).

"Sesuatu yang menjadi sebuah ukuran bahwa telah terjadi 510 perubahan yang kemudian dilihat, dinilai lembaga independen, pemerintahan, institusi nasional, internasional sehingga diberi apresiasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan itu saat bersilaturahmi dengan bupati dan wali kota se-Jabar dalam kegiatan Halalbihalal Idul Fitri 1444 Hijriah Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Kunker dari AS, Ridwan Kamil Bawa Pulang Beasiswa Senilai Rp 2,2 Miliar

“Adanya 510 penghargaan ini berarti ada momen yang dulunya gelap jadi terang, semrawut jadi lancar, biasa jadi luar biasa, dan lainnya," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (11/5/2023).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan, dia dan Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum merupakan dwitunggal pemimpin yang tidak malas bekerja.

Dia mengatakan, setiap hari dia menjalankan lima sampai tujuh agenda. Jika dikalikan setahun, ada sekitar 1.500 agenda yang dilakukan atau 7.500 agenda jika dihitung selama lima tahun.

"Ini kami lakukan semata-mata untuk menyempurnakan pembangunan Jabar. Semoga perubahan bisa dilihat objektif oleh semua pihak dan 510 itu dilakukan saat ujian datang, yaitu pandemi Covid-19," ucapnya.

Baca juga: Bertemu Husein Guru Pangandaran, Ridwan Kamil: Pemprov Jabar Akan Dampingi Kasus Ini

Lebih lanjut, Kang Emil menyatakan, suasana kebersamaan terasa dalam silaturahmi tersebut mengingat sudah dua tahun halalbihalal Idul Fitri Pemprov Jabar tidak digelar karena pandemi Covid-19.

"Dua tahun terkendala Covid-19, makanya nikmat silaturahmi seperti ini harus kita syukuri," ucapnya.

Di hadapan para bupati, wali kota, serta forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), Kang Emil menyampaikan, halalbihalal kali tersebut merupakan yang terakhir baginya sebagai Gubernur Jabar.

Sebab, dia akan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur Jabar pada 5 September 2023.

"Tidak terasa hari ini tinggal 3 bulan lagi saya menyelesaikan tugas kenegaraan. Oleh karenanya, pada halalbihalal terakhir ini saya berkewajiban menyampaikan pencapaian," ujar Kang Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Targetkan Baznas Jabar Himpun Rp 3,7 Triliun dari Potensi Zakat 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com