Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Danny Pomanto Pimpin Gladi Kotor Persiapan H-2 Peringatan Otda di Makassar

Kompas.com - 27/04/2023, 16:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto melakukan finalisasi kedatangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan upacara dalam rangka Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII di Anjungan Pantai Losari.

Persiapan menjelang H-2 tersebut dilakukan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama Protokol Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan melaksanakan Gladi Kotor persiapan peringatan Hari OTDA ke-27.

Walkot yang akrab disapa Danny Pomanto itu mengatakan, persiapan upacara Peringatan Hari Otda sudah hampir 100 persen siap dan tinggal beberapa hal yang akan diselesaikan.

"Kesiapannya sudah 98 persen, tinggal sedikit-sedikit yang kami benahi," katanya usai menggelar Gladi Kotor, di Anjungan Pantai Losari, Kamis, (27/04/2023).

Dia berharap persiapan demi persiapan yang dilakukan sesuai dengan apa yang ditetapkan bersama. Apalagi, Mendagri dijadwalkan hadir.

Baca juga: Kemendagri: Otda Beri Kemajuan, Salah Satunya dalam Hasilkan Pemimpin Negara

"Insyaallah pak menteri ada dan Insyaallah ini semua persiapan sesuai harapan," harapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Danny menyebutkan, pihaknya sangat serius menggarap Peringatan Hari Otda ke-27 di Makassar. Pasalnya, upacara ini merupakan kali pertama setelah tiga tahun dan merupakan yang pertama di Indonesia Timur.

"Ini yang terbesar dan dihadiri undangan seluruh kepala daerah, forum komunikasi organisasi pimpinan daerah (forkopimda) provinsi, kabupaten, dan kota," ucapnya.

Dia menuturkan, Peringatan Hari Otda kali ini merupakan momen penting karena akan banyak aspirasi dari kepala daerah dan banyaknya masa jabatan kepala daerah akan berakhir.

"Dengan pengalaman berotonomi daerah tentunya banyak titik-titik yang perlu disempurnakan banyak aspirasi daerah yang didengar, untuk Indonesia yang kuat," tuturnya.

Baca juga: Raih Penghargaan PPKM Award 2023, Pemkot Makassar Buktikan Keberhasilan Program Makassar Recover

Danny menegaskan, Pemkot Makassar sebagai tuan rumah terus mematangkan persiapan menyambut acara akbar yang akan digelar pada Sabtu 29 April mendatang.

Adapun, Danny didampingi perangkat daerah sudah dua kali menjalankan gladi kotor Peringatan Hari Otda di Makassar.

Danny memerhatikan detail semua persiapan dari pukul 06.00 hingga pukul 08.30 Waktu Indonesia Tengah (Wita), mulai dari pelaksanaan upacara Hari Otda XXVII, Deklarasi Makassar, hingga lokasi Festival Makassar Kota Makan Enak.

Dia ingin pelaksanaan Hari Otda XXVII di Makassar yang baru kembali dilaksanakan pascapandemi Covid-19 berjalan lancar. Apalagi, kegiatan ini akan dihadiri seluruh kepala daerah di Indonesia.

Baca juga: Waspada Cuaca Buruk, Pemkot Makassar Siapkan Layanan Call Center 112

Presiden Indonesia Joko Widodo juga dikabarkan akan mengikuti Upacara Hari Otda XXVII via Zoom. Meski demikian, Pemkot Makassar masih menunggu konfirmasi dari Kemendagri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com