Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dompet Dhuafa Buka Layanan Kesehatan hingga Servis Motor Gratis bagi Pemudik

Kompas.com - 22/04/2023, 10:41 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Guna memberi kemudahan bagi para pemudik Lebaran 2023, lembaga zakat nasional Dompet Dhuafa membuka tujuh Pos Layanan Pemudik Dompet Dhuafa mulai Selasa (18/4/2023) hingga Kamis (20/4/2023).

Salah satu titik pos tersebut berlokasi di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) Toyomerto di Jalan Raya Cilegon-Serang, Kramatwatu, Wanayasa, Serang, Banten.

Lokasi tersebut dipilih karena merupakan jalur utama mudik non-tol untuk arah dari Jakarta atau Pulau Jawa menuju Sumatra.

Untuk diketahui, pada Lebaran tahun ini Pelabuhan Merak dikhususkan untuk penyeberangan kendaraan pribadi dan bus tidak bercampur dengan truk atau kendaraan roda dua. Adapun pemudik yang menggunakan motor roda dua harus dapat menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan.

Baca juga: LPM Dompet Dhuafa Gelar Pesantren Kilat bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIA Paledang Bogor

Person in charge (PIC) Layanan Pemudik Dompet Dhuafa di SPBU Toyomerto Kramatwatu Putri mengatakan, tahun-tahun sebelumnya, jalur pemudik hanya melalui satu jalur, yaitu penyeberangan di Merak.

"Dompet Dhuafa memiliki titik pelayanan di SPBU Toyomerto karena ini adalah titik sebelum pemotor diarahkan ke jalur Ciwandan. Jadi, lokasi ini merupakan jalur utama para pemudik yang menggunakan motor menuju Pelabuhan Ciwandan,” ujar Putri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (22/4/2023).

Lebih lanjut, Putri menjelaskan bahwa pemudik kendaraan motor roda dua merupakan pihak yang ditargetkan dilayani oleh Dompet Dhuafa di pos layanan tersebut.

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, pemudik dengan kendaraan roda dua paling rentan mengalami kendala di perjalanan.

Baca juga: Irwansyah Ajak Masyarakat Berzakat Melalui Dompet Dhuafa

Untuk diketahui, Pos Layanan Pemudik Dompet Dhuafa di SPBU Toyomerto Kramatwatu beroperasi selama 24 jam.

Adapun layanan yang disediakan bagi pemudik antara lain pemeriksaan kesehatan, pos hangat, pojok laktasi, nutrisi bagi balita, layanan ambulans, edukasi kesehatan, dan servis motor.

Selain itu, ada pula pangkas rambut, pijat, area bermain anak, edukasi keselamatan dan mitigasi bencana, serta makanan iftar dan sahur.

"Sesusai tagline kami, yakni 'Melayani dari Hati, Mudik Tetap hati-hati', diharapkan dapat membantu para pemudik sehingga mereka merasa nyaman untuk beristirahat. Dengan begitu,  dapat melanjutkan perjalanan sampai kampung halaman dengan selamat," kata.

Baca juga: Gandeng Dompet Dhuafa, Jago Syariah dan Bibit Bagikan 250 Paket Buka Puasa di Terowongan Kendal

Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Yayat Supriyatna bersama General Manager (GM) Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit meninjau kesiapan pos layanan di dua titik di Terminal Kampung Rambutan dan SPBU Toyomerto Kramatwatu.

Pada kesempatan tersebut, ia mengimbau para pemudik untuk datang dan beristirahat di Pos Layanan Pemudik Dompet Dhuafa di SPBU Toyomerto.

Ia pun memastikan tim Dompet Dhuafa memberikan pelayanan prima bagi pemudik yang mengalami kendala selama dalam perjalanan mudik.

Dompet Dhuafa juga menyediakan ruangan yang nyaman dilengkapi air conditioner (AC) serta tenaga ahli dari berbagai bidang, termasuk dokter.

"Saya rasa ini pos layanan mudik yang sangat representatif. Dompet Dhuafa hadir dengan layanan kesehatan hingga servis motor. Tempatnya pun luas, nyaman, dan ber-AC. Mudah-mudahan, upaya ini selaras dengan tujuan kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik, khususnya mereka yang mudik menuju Sumatra," kata Yayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com