KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Layani Kondisi Darurat 24 Jam, Pemkot Semarang Siapkan Call Center 112 untuk Pemudik

Kompas.com - 18/04/2023, 18:27 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan sejumlah layanan publik tetap aktif selama libur Lebaran pada 19-25 April 2023.

“Utamanya call center 112 sebagai penggawanya layanan kedaruratan di Kota Semarang yang telah terintegrasi dengan perangkat daerah terkait,” katanya usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023, Senin (17/4/2023).

Adapun layanan call center 112 dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terintegrasi dengan kepolisian, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan lainnya.

Walkot yang akrab disapa Mbak Ita itu pun mengimbau seluruh masyarakat Kota Semarang untuk memanfaatkan call center 112 ketika menemui keadaan darurat.

Baca juga: Arus Kendaraan Naik 300 Persen, Puluhan Ribu Pemudik Berjubel di Tol Kalikangkung Semarang

Dengan memanfaatkan call center tersebut, kata dia, Kota Semarang bisa menjadi kondusif.

Call center 112 ini seperti 911 di Amerika Serikat. Hanya perlu mengingat 1 nomor untuk segala kegawatdaruratan, seperti kecelakaan, kebakaran, bencana, penyelamatan, kamtibmas, dan lainnya,” katanya dalam siaran pers.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang Soenarto menyebutkan, selama libur Lebaran, petugas akan berjaga selama 24 jam nonstop yang terbagi menjadi empat shift.

Call center 112 memiliki komposisi 10 operator dan 20 komunitas relawan yang terdiri dari Bantuan Komunikasi (Bankom) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes), Sriti, Mik Sigap, Pramuka, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Salah satu keunggulan call center 112 di Kota Semarang adalah kami berkolaborasi dengan sejumlah komunitas relawan sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat,” jelasnya.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Semarang untuk Libur Lebaran 2023

Soenarto menambahkan, layanan 112 gratis biaya panggilan, mudah dan cepat. Petugas dan tim di bawah arahannya siap berkoordinasi dengan instansi dan perangkat daerah terkait guna mengakomodasi laporan-laporan dari masyarakat.

Dari data yang dihimpun melalui sistem call center 112 selama Ramadhan 2023, Pemkot Semarang menerima panggilan sebanyak 868 laporan.

Terdapat lima kategori laporan tertinggi, di antaranya permohonan layanan ambulans transportasi, pemeriksaan, kecelakaan dengan rata-rata 4-6 kasus per hari, layanan ambulance home care, serta evakuasi hewan liar.

Selain call center 112, pemudik di Kota Semarang dapat memanfaatkan portal mudik infomudik.semarangkota.go.id.

Portal itu memiliki sejumlah layanan informasi, seperti kanal pengaduan Sapa Mbak Ita, layanan informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), jalur mudik, pantauan CCTV, posko komando, info mudik gratis, pemesanan tiket, info wisata, info hotel dan restoran, info tempat nongkrong, serta hiburan.

Baca juga: Polda Jateng Siapkan One Way Lokal Jika Tol Kalikangkung Semarang Menumpuk, ini Rutenya

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com