KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Semarang Juara 1 PPD 2023 Jateng, Walkot Ita: Ini Berkat Konsep Bergerak Bersama

Kompas.com - 14/04/2023, 08:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang meraih juara 1 dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 di tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Wali Kota (Walkot) Semarang Hevearita G Rahayu mengatakan, bahwa capaian itu berkat keseriusan Pemkot Semarang dalam menjalankan pembangunan.

"Ini juga sedang proses (penilaian) di tingkat nasional. Mudah-mudahan nanti di tingkat nasional Kota Semarang bisa meraih lagi penghargaan sebagai juara pertama," katanya saat menerima penghargaan PPD 2023 di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (13/4/2023).

Walkot yang akrab disapa Mbak Ita itu menjelaskan, pihaknya selalu menerapkan konsep bergerak bersama yang dikaitkan dengan program-program prioritas pemerintah pusat di setiap perencanaan pembangunan.

Baca juga: Pemkot Semarang Larang Pejabat dan ASN Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Mbak Ita menegaskan, jajaran Pemkot Semarang berkomitmen untuk menyukseskan program pemerintah pusat secara optimal dalam membangun Kota Semarang.

"Perencanaan (pembangunan) di Kota Semarang ini ada benang merahnya dengan program-program yang menjadi instruksi dari Bapak Presiden. Ini bisa menjadi role model juga bagi daerah-daerah yang lain," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Mbak Ita pun bersyukur dan mengapresiasi jajaran Pemkot Semarang yang telah bekerja keras sehingga meraih juara 1 PPD 2023 tingkat Jateng.

“Tahun lalu Pemkot Semarang kan tidak diikutsertakan karena sudah tiga kali berturut-turut menjadi juara," tutur walkot perempuan pertama di Ibu Kota Jateng tersebut.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi capaian Kota Semarang. Dia yakin target pertumbuhan ekonomi Kota Semarang bisa sampai angka 6.

"Jadi akumulasi seluruh kesuksesan itu dari seluruh kabupaten dan kota juga. Target pertumbuhan ekonomi Kota Semarang mungkin bisa sampai di angka 6. Angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Semarang tinggi. Ini adalah ciri-ciri (karakteristik) kota," ujar Ganjar.

Baca juga: Tangani Stunting, Walkot Ita Sebut Pemkot Semarang Akan Bangun Daycare

Selain Kota Semarang, juara 1 PPD 2023 tingkat provinsi Jateng juga diraih Temanggung untuk kategori kabupaten.

Kabupaten Temanggung dan Kota Semarang akan mewakili Jateng untuk bersaing dengan daerah-daerah lain di PPD tingkat nasional.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com