Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Walkot Pematang Siantar Kembali Raih TOP Pembina BUMD Awards 2023

Kompas.com - 05/04/2023, 19:59 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Wali Kota (Walkot) Pematang Siantar Susanti Dewayani kembali menerima penghargaan TOP Pembina pada BUMD Awards 2023. Sebelumnya, Susanti telah memenangi kategori ini pada 2022.

TOP Pembina diberikan kepada Susanti karena telah sukses membina Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Uli menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik di Indonesia.

Selain itu, Susanti juga dinilai telah memberikan prestasi, perbaikan, dan kontribusi bagi BUMD melalui kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Selain dr Susanti, Perumda Tirta Uli meraih TOP BUMD Awards 2023 dengan Bintang 5 (Excellent). Sedangkan Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Uli, Zulkifli Lubis mendapatkan penghargaan TOP CEO BUMD 2023.

Baca juga: DPRD Resmi Ajukan Usulan Pemakzulan Wali Kota Pematang Siantar Susanti ke MA

TOP BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan penilaian kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Majalah Top Bisnis yang bekerja sama dengan institut otonomi daerah.

Kerja sama juga dilakukan dengan beberapa lembaga, asosiasi, serta konsultan bisnis, seperti Lembaga Kajian Nawacita, SGL Manajemen, PPM Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran Bandung.

Penilaian juga melibatkan Dewan Juri sekitar 10 profesor, beberapa doktor, serta para praktisi dan konsultan bisnis.

BUMD Awards merupakan ajang bergengsi karena diikuti oleh lebih dari 1.150 BUMD di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ada Usulan Pemakzulan, Edy Rahmayadi Panggil Walkot dan Ketua DPRD Pematang Siantar

Adapun Perumda Tirta Uli sudah dua kali mendapatkan penghargaan TOP BUMD. Pada 2022, Perumda Trita Uli berhasil meraih Bintang 4 (Sangat Baik).

Sejumlah BUMD yang mengikuti BUMD Awards pada umumnya adalah Bank Pembangunan Daerah, BPR, Perumda Air Minum, Pasar, Jamkrida, Aneka Usaha, RSUD, dan BLUD.

Seleksi dilakukan dengan transparan melalui presentasi pimpinan perusahaan, wawancara, dan rapat panel dewan juri untuk menentukan perusahaan yang dapat penghargaan BUMD Awards.

Walkot Pematang Siantar dr Susanti Dewayani mengaku sangat bersyukur dan mengucapkan atas penghargaan tersebut.

Mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Perumda Tirta Uli yang selama ini telah bekerja keras memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

Baca juga: DPRD Pematang Siantar Pernah 2 Kali Makzulkan Wali Kota, tetapi Kandas

Susanti berharap, seluruh jajaran Perumda Tirta Uli tetap bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Semoga penghargaan ini semakin memotivasi seluruh jajaran Perumda Tirta Uli untuk semakin giat bekerja. Terima kasih kepada semuanya," kata Susanti. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com