Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenda Takjil Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Ambruk

Kompas.com - 31/03/2023, 18:28 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Tenda pembagian takjil gratis Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah, ambruk. Meski begitu, pelaksanaan pembagian takjil gratis tetap dilaksanakan.

Tenda tersebut ambruk saat hujan deras yang disertai angin menerjang kawasan masjid, di Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, pada Jumat (13/3/2022), sekitar pukul 13.00 WIB. Tenda yang luluh lantak itu berada di sisi selatan tempat pembagian takjil bagi jemaah perempuan.

Hingga sekitar pukul 14.00 WIB, kondisi hujan masih berlangsung. Sehingga, belum dilaksanakan evakuasi atau perbaikan tenda pembagian takjil yang didirikan sejak hari pertama bulan Ramadhan.

Baca juga: Bazar Takjil Ramadhan di Sumenep Ramai Pembeli, Pedagang: Omzet Rp 500.000 per Hari

"Tadi habis shalat Jumat hujan diserai angin, sangking kencengnya angin (tenda) kemudian roboh," kata Asisten Direktur Operasional Join Komite Indonesia, Bagus Sigit Setiawan, saat dikonfirmasi, pasca-ambruknya tenda.

Dalam kejadian ini, tidak ada korban yang terkena material tenda masjid. Lantaran mayoritas jemaah sedang berada di dalam masjid sesuai shalat.

"Korban nihil, pada waktu hujan deres rata-rata di dalam masjid," jelasnya.

Pada sore tadi, proses evakuasi tenda pembagian takjil oleh petugas masih berlangsung. Materil tenda, yakni gavalum dan tiang besi, terpantau masih berserakan dikawasan tersebut.

"Tenda Selatan ambrol, dari gavalum dan tiang besi. Memang hujannya lebat. Ini proses didirikan lagi. Kita serahkan ke teknisi, kita berharap bisa segera didirikan dan digunakan lagi," harapannya.

Kemudian terkait pembagian ribuan takjil tetap dilaksanakan. Total ada 6.000 paket takjil sudah disiapkan oleh panitia masjid untuk para jamaah masjid.

"Masih dilaksanakan pembagian, 6.000 paket takjil harus kita bagikan," katanya.

Untuk mekanisme pembagian takjil akan dimaksimalkan di tenda bagian Utara. Serta, disejumlah titik selasar Masjid, yang diizinkan dipergunakan untuk berbuka puasa.

"Kita sesuaikan. Tenda utara masih bisa dipergunakan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com