Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ganjar: Yo Kecewalah!

Kompas.com - 30/03/2023, 13:02 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Usai Indonesia diumumkan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut mengungkapkan kekecewaannya di hadapan awak media dengan suara lantang dan bernada tinggi.

"Yo kecewalah! Wong kita sudah menyiapkan sejak awal kok. Kan tinggal beberapa catatan saya yang bisa kita lajutkan" ungkap Ganjar usai menghadiri Sosialisasi RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 di Jateng bersama Menpan-RB dan jajaran wali kota di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Diserang Netizen Usai Piala U-20 Diumumkan Batal, Ganjar: Yo Ndak Papa, Seranglah Ganjar, Jangan Anak dan Istri Saya

Pihanya menyebutkan, sejak awal telah berkomunikasi sebelum dirinya berseloroh soal penolakan timnas Israel, kepada seluruh kementrian termasuk PSSI, mengenai adanya peluang utama bagi Indonesia untuk menjadi co-host pada Piala U-20.

"Sehingga relasi antara bangsa dan negara konstitusinya semuanya tegak. Ini satu kata yang saya sampaikan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi upaya pemerintah dan PSSI untuk melobi FIFA. Ia meminta agar semua pihak turut mendukung.

"Tunggu saja apa yang menjadi keputusan dari FIFA dan PSSI. Sampai dengan tadi malam saya beruntung karena bisa memantau perkembangan yang ada. Tapi saya baru baca dari media dan sampai dengan tadi pagi saya tanya belum ada surat yang masuk dari FIFA ke PSSI atau ke pemerintah, bunyinya apa. Tentu saja saya percaya apa yang menjadi statement Pak Presiden sebelum delegasi dikirim, Pak Presiden masih bulat masih kuat, bagaimana bisa terselenggara dengan catatan-catatan. Maka effort PSSI untuk bisa lobi ke FIFA, perlu mendapat dukungan kita semua," terangnya.

Menurutnya ada banyak skenario yang bisa dilakukan soal itu. Dari 5 poin yang kemarin disampaikan, masih ada ruang bagi poin kelima dari keputusan FIFA itu untuk peluang adanya cara-cara yang lain agar penyelenggaraannya tetap bisa berjalan.

"Tunggu keputusan satu tahap lagi, yang kalau kata Mas Gibran ada Plan B dan Plan C, mudah-mudahan November ada keputusan yang baik untuk kita semua," tandasnya.

Baca juga: Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Akun Instagram Ganjar Pranowo Langsung Diserbu Netizen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com