Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Berhenti Terbang di Bandara Ngloram, Bupati Blora Akan Minta Penjelasan

Kompas.com - 24/03/2023, 23:41 WIB
Aria Rusta Yuli Pradana,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Bupati Blora, Arief Rohman berencana memanggil pihak bandara Ngloram dan maskapai Citilink terkait berhentinya penerbangan di bandara tersebut.

"Kita akan menunggu ya dari pihak maskapai dan pihak bandara. Kemungkinan kalau enggak Senin ya Selasa akan kita panggil," ucap Arief saat ditemui wartawan di Alun-alun Blora, Jumat (24/3/2023).

Menurutnya, berbagai macam upaya telah dilakukan agar penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandara Ngloram Blora ataupun sebaliknya dapat tetap beroperasi.

Baca juga: Citilink Berhenti Terbang di Bandara Ngloram Blora

Meskipun saat ini tidak ada penerbangan komersial di Bandara Ngloram, tetapi pihaknya akan tetap meminta penjelasan dari maskapai Citilink

"Mungkin pihak maskapai punya hitung-itungan lain. Ya ini yang nanti akan kita ajak diskusi, formulasinya seperti apa," terang dia.

Sebab, dengan berhentinya penerbangan komersial di Bandara Ngloram, akanmemberikan dampak kepada masyarakat yang ingin pulang ke Blora menggunakan pesawat. 

"Apalagi menyangkut lebaran ini kan mungkin ada orang yang mudik untuk beli tiket, dan sebagainya," kata dia.

Sehingga dengan adanya rencana memanggil otoritas bandara dan maskapai dalam waktu dekat, diharapkan akan semakin memperjelas kondisi saat ini.

"Karena dari sisi okupansi setelah di rata-rata sudah di hampir 70 persen ya,. Ya ini ada kendala teknis apa. Ini yang akan kita minta nanti dari pihak maskapai dan pihak bandara untuk menerangkan kepada publik," jelas dia.

Baca juga: Kemenhub Survei ke Blora untuk Optimalisasi Bandara Ngloram, Ini yang Dicari

Sekadar diketahui, penerbangan maskapai Citilink dari Bandara Ngloram Blora menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ataupun sebaliknya, untuk saat ini ditiadakan. Tidak adanya penerbangan di Bandara Ngloram pada hari ini, merupakan yang pertama kali sejak Januari 2023 lalu.

"Iya (pertama kali enggak ada penerbangan sejak Januari)," ucap Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru, Ariadi Widiawan kepada Kompas.com, Rabu (22/3/2023).

Maskapai Citilink sempat membuka jalur penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Ngloram Blora dan sebaliknya, pada 27 Januari 2023 lalu. Selama kurun waktu dua bulan, penerbangan dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu, yaitu tiap Rabu dan Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com